4 Tips Membersihkan Sofa dari Berbagai Macam Noda

Diposting pada

Membuat rumah tampil semakin unik merupakan kunci hidup berkualitas yang tidak boleh dilewatkan. Sofa adalah salah satu furniture populer yang diminati banyak orang. Sofa dinilai lebih nyaman karena lebih empuk dan estetik untuk furniture ruangan. Pilihan jenis bahannya pun beragam, mulai dari sofa bahan polyester, linen, nilon, chenille hingga kulit sintetis.

Namun, merawat sofa tidak semudah dibayangkan merawat kursi kayu biasa. Masalah pada lapisan sofa seperti berdebu, noda minyak, noda tinta, jamur, dan bau apek terkadang membuat sofa kurang nyaman untuk diduduki.

Belum lagi bahan sofa yang berbeda tidak sembarangan bisa dibersihkan tanpa perawatan, salah langkah bisa membuat sofa Anda semakin kotor bahkan bau. Padahal, cara membersihkan sofa cukup sederhana jika Anda mengetahui cara yang tepat. Namun apabila tips yang diberikan tidak berpengaruh, segera bawa sofa Anda ke cuci sofa pontianak untuk dibersihkan dengan cara yang tepat.

Berikut 4 tips membersihkan sofa dari berbagai penyebab kotoran, yuk Simak!

1. Membersihkan Sofa dari Debu Menggunakan Detergen Cair

Sebenarnya membersihkan sofa dari tempelan debu paling mudah menggunakan vacuum cleaner, bersihkanlah secara manual menggunakan detergen air  jika Anda tidak mempunyai alat pembersih tersebut. Dengan demikian hanya menggunakan air atau kain yang lembab untuk membersihkan sofa juga hanya akan meratakan debu saja, jadi ikutilah langkah berikut supaya sofa Anda bisa bersih lebih sempurna. 

Hal utama yang harus Anda lakukan dengan menepuk-nepuk sofa agar menghilangkan debu yang menumpuk.

Bersihkan sisa debu yang membandel di sela-sela sofa dengan cara mengoleskan deterjen cair pada daerah yang banyak terdapat debu menempel.

Basahi sikat dengan sedikit air, lalu bersihkan area yang kotor dengan deterjen sampai debunya hilang.

BACA JUGA  Tips Membuat Decking Kayu Outdoor yang Tahan Lama

Bersihkan bagian samping sofa dengan deterjen dan busa serta kain kering, kemudian keringkan di tempat terbuka atau gunakan kipas angin. 

 

2. Membersihkan Sofa dari Noda Minyak Menggunakan Baking Soda atau Detergen

Noda minyak pada sofa Anda jika dibiarkan bisa menimbulkan jamur serta bau yang tidak sedap, untuk itu harus sering dibersihkan. Cara membersihkan sofa yang terkena noda minyak juga cukup sederhana, Anda bisa memakai baking soda untuk sofa kain biasa dan larutan pembersih untuk sofa kulit, Berikut caranya

• Taburkan sedikit soda kue pada noda minyak yang terdapat pada permukaan sofa, biarkan hingga semalaman.

Keesokan harinya, lap soda kue dengan kain lembab, jangan terlalu basah, noda minyak pastinya akan hilang.

Noda yang terkena pada lapisan sofa kulit dapat dibersihkan hanya dengan kain yang direndam dalam larutan deterjen cair, seka bagian permukaan sofa yang terkena noda minyak, lalu keringkan sofa menggunakan kain kering. 

 

3. Membersihkan Sofa dari Noda Tinta Menggunakan Cuka atau Alkohol

Sofa yang ditempatkan di ruang keluarga sering kali digunakan untuk bersantai bersama, biasanya tidak luput dari noda tinta. Meski noda tinta tidak menimbulkan bau apek dan jamur, noda tinta cukup mengganggu penampilan sofa Anda. Maka, cobalah bersihkan menggunakan larutan detergen dan cuka untuk sofa berbahan kain dan alkohol untuk sofa kulit, berikut tips membersihkan sofa dari noda coretan tinta yang ampuh.

Campurkan larutan detergen cair dan cuka sejumlah 1/1, dilanjut celupkan busa atau sikat pada larutan detergen.

Gosok perlahan sofa yang terkena tinta, usahakan tinta nya tidak menyebar di lapisan sofa lainnya.

Bersihkan sisa-sisa pembersihan dengan kain yang kering agar tidak berbau apek dan berjamur.

BACA JUGA  Tips Memasang Pagar Kaca: Panduan Lengkap untuk Menambah Keindahan dan Keamanan

Pada sofa jenis kulit, cukup rendamkan kain kering sedikit pada alkohol jenis spiritus, kemudian gosokkan pada noda tinta hingga kembali bersih.

 

4. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Penyebab sofa Anda berbau apek atau amis biasanya, karena tumbuhnya jamur dan kumpulan sisa remah makanan  ataupun noda yang membandel. Jadi, menghilangkan bau apek pada sofa, Anda harus terlebih dahulu membersihkan penyebab bau tersebut.

Jika sofa sudah bersih, yang harus Anda lakukan hanyalah menghilangkan bau yang biasanya masih  tertinggal. Ingatlah bahwa menyemprotkan pewangi dapat membuat tumbuhnya jamur atau meninggalkan noda yang sulit dibersihkan.

Coba hilangkan bau apek pada sofa dengan cara menaburkan soda kue ke seluruh bagian sofa yang berbau selama beberapa jam. Baking soda dipercaya mampu menghilangkan bau dengan sekejap, Kemudian bersihkan dan dijamin bau apek hilang, Untuk sofa kulit, Anda bisa menggantikan baking soda dengan teh atau kopi.

Caranya pun sama, Anda bisa taburkan teh ataupun kopi pada permukaan sofa. Diamkan beberapa jam setelahnya bersihkan menggunakan vacuum cleaner, cara ini sangat ampuh menghilangkan bau apek pada sofa.  

 

Nah, 4 tips membersihkan sofa yang kotor cukup sederhana asal nodanya tidak menumpuk terlalu banyak. Pastikan juga setelah sofa dibersihkan dalam keadaan kering sebelum dimasukkan di dalam ruangan yang tertutup. Agar tidak menimbulkan bau apek dan memicu pertumbuhan jamur. Tapi jangan menjemur langsung sofa dibawah sinar matahari karena, bisa merusak lapisan sofa menjadi pecah-pecah. Selamat mencoba.