5 Cara Mengobati Kucing Yang Keracunan Dengan Benar

Diposting pada

kucing keracunan

Kucing tergolong dalam hewan yang suka makan apa saja, mulai dari daging dagingan hingga tumbuhan, sering ia lahap. Bahkan sampai sampai makanan sang majikan juga kerap ia makan. Semisal kaya nasi dengan ikan atau malah tempe pun juga kadang ia makan.

Selain itu juga, kucing suka makan hewan hewan kecil kayak kecoa, cicak, kadal, kodok, Laron, katak, dan hewan kecil lainya. Dengan kebiasaan semacam itulah. Makanya ia kerap mengalami keracunan akibat memakan hal hal yang harusnya ia tidak makan.

Cara mengobati kucing Keracunan

Dikutip dari situs myhewan, ada 5 langkah mengobati kucing keracunan, berikut langkahnya :

1. Identifikasi Penyebab

Ini sangat penting dilakukan, karena jika kita tahu penyebab apa yang membuat kucing jadi keracunan maka kita bisa menentukan tahap selanjutnya. Misal jika kucing keracunan kadal tentu cara pengobatannya akan berbeda dengan kasus yang disebabkan oleh keracunan racun tikus.

2. Gunakan Air Kelapa Atau Madu

Nah, cara mengatasi keracunan kucing dalam keadaan darurat bisa dengan meminumkan air kelapa atau air madu. Hal ini perlu dilakukan apalagi jika dirasa untuk dibawa ke dokter membutuhkan waktu lama. Maka Anda bisa meminumkan air kelapa sebagai wujud pertolongan pertama. Atau jika hanya ada madu, maka gunakan saja madu. Apalagi khasiat madu untuk kucing memang bisa membantu pada kasus seperti ini.

3. Bantu Kucing Jika Ingin Muntah

Nah misal apabila ini terjadi setelah kucing makan kadal. Maka bisa Anda atasi dengan membantu kucing memuntahkan kadalnya. Atau missal akibat kucing makan kecoa. Maka bisa Anda bantu untuk mengeluarkan kecoa dari tenggorokan kucing.

4. Taruh Kucing Di Dekat Ventilasi

Nah ini berguna biar nafas sang kucing bisa lancar tanpa gangguan. Apalagi jika keracunannya diakibatkan oleh racun udara seperti baygon maupun hit. Maka segera bawa kucing ke sumber udara bebas. Atau malah bawa ke bawah pohon.

5. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Nah ini merupakan langkah yang paling tepat. Hanya saja keberadaan dokter hewan tak sebanyak keberadaan dokter manusia. Jadi ini mungkin bisa dijadikan sebagai alternatif terakhir. Kecuali jika dokter hewannya dekat. Maka ini jadi pilihan utama untuk cara mengobati kucing keracunan.

Sesuaikan saja dengan kondisi tempat tinggal Anda dan seberapa parah keadaan kucing Anda saat ini.