5 Langkah atau Cara Membuat Kata Pengantar

Diposting pada

Anda pasti pernah membaca karya tulis, baik itu makalah ataupun skripsi? Nah, di halaman depan karya tulis itu pasti ada yang namanya kata pengantar. Keberadaan kata pengantar sangatlah penting dalam sebuah karya tulis. Berikut adalah cara untuk membuat kata pengantar yang baik dan benar, sebagaimana yang tertera di dalam website Academic Indonesia.

Kehadiran  kata pengantar bagi sebuah karya tulis memang cukuplah penting. Sebab di kata pengantar inilah seorang penulis bisa menguraikan ungkapan rasa syukurnya. Penulis juga bisa menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua banyak pihak yang membantunya dalam menyelesaikan karyanya tersebut.

Hanya saja yang perlu Anda ketahui, bahwa penulisan kata pengantar karya tulis ilmiah dengan kata pengantar yang ada dalam buku ataupun novel ternyata beda. Pada kata pengantar karya tulis ilmiah yang ditulis lebih rinci jika dibandingkan dengan kata pengantar yang ada pada buku ataupun novel.

Langkah Atau Cara Membuat Kata Pengantar

 

Pengertian Kata Pengantar

Sebelum ke cara membuat kata pengantar, sebaiknya pahami dulu, apa sih kata pengantar itu? Kata pengantar adalah sepatah dua patah kata yang dituliskan oleh penulis yang ditunjukkan kepada pembaca.

Kata pengantar ini bisa berisi mengenai harapan penulis terhadap pembaca atau ucapan terima kasih. Kata pengantar juga bisa berisi ucapan puji syukur pada Tuhan serta harapan pembuatan karya tulis dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu yang telah mensukseskan sebuah penyelesaian karya tulis.

5 Cara Membuat Kata Pengantar

Dikarenakan kata pengantar adaah sebuah ungkapan rasa syukur dan curahan hati serta pikiran sang penulis untuk membacanya, maka langkah dalam membuat kata pengantar adalah :

  1. Langkah pertama dalam membuat kata pengantar, sebaiknya Anda awali dengan menggunakan kalimat yang menungkapkan rasa syukur dan pujian Anda kepada Tuhan YME. Misalnya : Alhamdulillah, puji syukur, dll.
  2. Berikan gambaran singkat mengenai isi dari karya tulis yang akan Anda buat. Tulis pula tujuan Anda menulis karya tulis tersebut.
  3. Tulislah ucapan terimakasih Anda kepada orang-orang yang telah membantu Anda dalam menyusun karya tulis yang Anda buat.
  4. Tulis harapan apa saja yang Anda inginkan dari penulisan karya tulis tersebut.
  5. Terakhir, Anda jangan sampai lupa untuk mengucapkan permintaan maaf apabila terdapat kekurangan dalam karya tulis yang telah Anda buat. Tidak lupa sampaikan juga kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran untuk karya tulis yang sudah kamu buat.

Untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah langkah membuat kata pengantar :

Cara Membuat Kata Pengantar

Dalam membuat kata pengantar dalam sebuah makalah atau karya tulis ilmiah, Anda harus menulisnya lebih padat dan rinci. Lebih jelasnya simak langkahnya di bawah ini.

  1. Pada bagian awal paragraf tulislah ucapan rasa syukur Anda kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
  2. Kemudian deskripsikanah secara singkat mengenai topik atau judul yang Anda angkat di makalah yang Anda tulis.
  3. Memberikan ucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu penyelesaian karya tulis Anda.
  4. Di bagian bawah bubuhkan tanggal dan tanda tangan penulis.
  5. Berikan juga kalimat harapan penulis.

Meskipun terlihat mudah, jangan sampai Anda asal-asalan dalam membuat kata pengantar. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan di antaranya adalah :

1. Pada paragraf pertama sertakan yang paling utama adalah ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, disertai dengan judul makalah atau karya tulis Anda. sebagai contoh :

“Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa, penulis panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat dan karunia-Nya. Berkat karunia Tuhan YME lah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”Konstruksi Masyarakat Mengenai Keberadaan Waria”

2.  Pada paragraf kedua, tulislah tujuan penulisan makalah tersebut :

Penelitian ini merupakan tugas wajib dan sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas mata kuliah “Pengantar Studi Islam”

3. Untuk paragraf ketiga, tulislah ucapan terima kasih kepada para pihak yang membantu Anda dalam penyusunan makalah atau karya tulis tersebut.

“Adanya makalah Pengantar Studi Islam yang berisi tentang “Mengenal Konsep Iman, Islam, Ihsan ini telah penulis susun dengan semaksimal mungkin. Kepada semua pihak yang telah berkenan membantu penulis menyusun makalah ini dengan tepat waktu, penulis sampaikan terima kasih banyak karena telah membantu menyelesaikan makalah ini.”

4. Pada paragraf keempat berisi kritik dan saran.

“Penulis menyadari sepenuhnya bahwa terdapat kekurangan baik dari dalam teknis penyusunan bahasa maupun bahasan yang ditulis oleh penulis. Oleh sebab  penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca agar penulis dapat memperbaiki karya tulis ini”

5. Paragraf yang kelima adalah berisi penutup, tutuplah makalah dengan disertai nama penulis dan bubuhkan tanda tangan. Sebagai contoh :

Penulis berharap semoga makalah berjudul “Konsep Iman, Islam, Ihsan ini memberikan manfaat kepada para pembaca.

Jakarta, 13 Januari 2014

Penulis

Rahmatika Aini

Untuk lebih jelasnya simak contoh kata pengantar di bawah ini.

Contoh Pertama Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “Manfaat Sosial Media bagi Masyarakat” ini.

Tidak lupa sholawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan umat Islam, Nabi Muhammad SAW. Atas risalah kenabiannya, umat Islam bisa mendapatkan pencerahan dan terhindar dari kejahiliyyahan.

Penulis sangat bersyukur dapat menyelesaikan tugas makalah dari Jihan Ayu, S.Sos, M.Ag selaku dosen Pengantar Ilmu Komunikasi yang memberikan tugas makalah dengan judul “Manfaat Sosial Media bagi Masyarakat”.

Penulis juga ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam pembuatan makalan ini hingga bisa selesai tepat waktu.

Penulis sadar, makalah yang dibuat ini masih banyak terdapat kekurangan. Kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan demi perbaikan makalah selanjutnya.

Mataram, 13 Juni 2016

Aini Rahmaniya

Contoh Kedua Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”Pengertian Akuntansi”.

Kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. Ihda Aini selaku dosen mata kuliah Pengantar Ilmu Akuntansi Universitas Bela Negara yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyelesaikan tugas ini.

Kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk mengerti pengertian akuntansi.

Kami pun juga menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan masih jauh dari kata sempurna. Ya, tidak ada yang sempurna di dunia, oleh sebab itu, kami mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan makalah yang akan kami buat di kesempatan selanjutnya.

Terakhir, penulis mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca demi kesempurnaan makalah yang berjudul “Pengertian Akuntansi” ini.

Penulis sangat berharap semoga laporan penelitian ini bermanfaat di bidang akademik. Amin.

Semarang, 15 September 2016

Tim Penyusun

 

Seperti itulah cara membuat kata pengantar beserta contohnya. Semoga bermanfaat.