5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Ketika Menulis Cerpen

Diposting pada

Cerpen memang bisa membuat diri kita terhibur ketika membacanya dan terkadang membuat kita bersedih ketika membacanya, semua itu tergantung dari cerita yang ada di dalam cerpen. Kemampuan penulis lah yang mampu menggambarkan tokoh dengan baik melalui latar dan alur yang dihadirkan, sehingga pembaca ikut merasakan suasana yang ada di dalam cerita. 

Selain bisa membuat pembaca terhibur, ternyata cerpen juga memberikan manfaat bagi penulis cerpen itu sendiri, sehingga tak sedikit orang yang ingin sekali menulis cerpen, mungkin Anda salah satunya? 

Bagi kamu yang masih ragu untuk menulis cerpen, maka bisa simak manfaat-manfaat menulis cerpen sebagai berikut.

 

Manfaat Menulis Cerpen

1. Dapat Mengungkapkan Isi Hati

Setiap orang pasti ingin sekali untuk mengungkapkan isi hati atau uneg-uneg yang ada di dalam dirinya. Pada dasarnya, sudah banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan isi hati, salah satunya adalah dengan menulis cerpen. Dengan menulis cerpen, seorang penulis bisa menuangkan isi hati dan uneg-uneg ke dalam tulisan yang dipenuhi dengan cerita menarik. 

Ketika isi hati dan uneg-uneg sudah dikeluarkan, maka hati akan terasa lega dan rasa bahagia bisa muncul. Tidak hanya itu, kita bisa juga melepaskan diri dari tekanan-tekanan yang sedang dihadapi, sehingga aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan maksimal dan kesalahan dapat diminimalisir dengan baik. 

2. Melatih Diri untuk Memiliki Karya

Sepertinya setiap orang pasti akan senang sekali ketika memiliki suatu karya yang dibuat oleh diri sendiri. Apalagi kalau karya yang dibuatnya mendapatkan dukungan dan penghargaan, sehingga bisa membuat kita senang dan bersemangat untuk membuat karya lagi. 

Nah, ketika kamu menulis cerpen, kamu akan mendapatkan manfaat yang berupa rasa percaya diri meningkat dan terbiasa untuk memiliki karya. Dengan cerpen yang ditulis, bisa dijadikan sebagai portofolio agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan, dengan menulis cerpen akan melatih diri kita untuk lebih bangga karena berhasil menulis cerpen. 

Apalagi untuk menulis cerpen sudah bisa dilakukan di berbagai macam media online atau melalui blog pribadi. Jadi, tetaplah berusaha untuk membiasakan diri agar bisa menulis cerpen dengan baik dan benar. 

3. Menambah Wawasan

Wawasan akan semakin bertambah ketika kamu sudah terbiasa menulis cerpen dan memiliki banyak cerpen. Wawasan yang bertambah bisa terjadi karena ketika menulis cerpen biasanya akan melakukan observasi, sehingga bisa menghasilkan cerpen yang istimewa. Selain itu, bisa membuat cerpen menjadi lebih menarik dibaca.

Dikutip dari bintangtrainer.com, semakin bertambahnya wawasan akan membuat diri kita semakin pandai dalam menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Untuk menambah wawasan bisa melalui referensi buku, artikel online, jurnal dan lain-lain. Wawasan kamu tentang cerpen bisa juga diperoleh dengan membaca contoh cerpen.

4. Mengubah Sudut Pandang dan Pola Pikir

Ketika menulis cerpen, kita pasti akan menentukan sudut pandang dari sebuah cerita, apakah sudut pandang orang pertama kedua, dan seterusnya. Nah, dari sudut pandang itulah, kita akan mudah untuk mengubah pola pikir, sehingga mudah untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. 

Bahkan, setelah membaca cerpen biasanya akan ada pesan moralnya, sehingga pola pikir yang kurang baik bisa menjadi lebih baik lagi. Selain itu, tidak akan mudah menilai baik atau buruknya seseorang. 

5. Dapat Menghibur Pembaca

Manfaat terakhir yang bisa kamu rasakan ketika menulis cerpen adalah bisa membuat pembaca terhibur. Semakin banyak orang yang terhibur dari cerpen yang kamu tulis, maka tak menutup kemungkinan kalau kamu akan jadi orang terkenal. 

 

Jadi, untuk kamu, jangan pernah ragu untuk menulis cerpen karena akan merasakan manfaat-manfaat yang sudah dijelaskan. Semakin banyak cerpen yang kamu tulis, maka wawasan kamu akan semakin banyak dan karya cerpen kamu akan semakin banyak juga. Tidak hanya itu, siapa tahu saja dengan cerpen yang sudah dibuat bisa membuat diri Anda menjadi terkenal.