5 Pemandian Air Panas Terbaik Yang Dapat Menghilangkan Lelah Setelah Bekerja

Diposting pada

Tidak heran lagi bahwa tempat-tempat wisata terbaik di Indonesia sudah ramai dipadati oleh para wisatawan. Menjelajahi berbagai tempat wisata terbaik memiliki banyak tujuannya seperti refreshing dan merilekskan tubuh dan pikiran. 

Salah satu dari tempat wisata terbaik itu adalah pemandian air panas. Apakah kalian tahu bahwa Indonesia merupakan surganya pemandian air panas, dikarenakan memiliki jajaran pegunungan vulkanik yang banyak dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. 

Sumber air gunung vulkanik itulah yang kemudian berubah menjadi pemandian air panas yang banyak dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Dengan berendam di pemandian air panas, tubuh kalian akan rileks sesaat dan segar kembali dan kandungan mineralnya juga bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa tempat wisata pemandian air panas terbaik yang wajib kalian kunjungi.

1. Pemandian air panas Guci

Pemandian air panas yang pertama adalah Guci yang terletak di desa guci, Bumijawa, Tegal. Pemandian air panas ini sangatlah cocok untuk wisata keluarga dan wisata bersama teman kalian. 

Keunikan dari pemandian air panas yang satu ini memiliki 6 mata air dan 10 air terjun. Dengan keberadaannya hingga membuat daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Fasilitas di pemandian air panas ini cukup lengkap. Di sekitar pemandian ini terdapat penginapan, lapangan tenis, hutan, dan tempat camping yang cocok bagi wisata bersama keluarga atau teman kalian.

2. Pemandian air panas Ciater

Pemandian air panas selanjutnya yaitu Ciater. Pemandian yang satu ini sangatlah unik dan istimewa. Karena pemandian ini terletak di bawah kaki gunung Tangkuban Perahu yang membuat tempat ini sangat indah dengan pemandangan alam.

Dengan keberadaannya, membuat resort dan tempat penginapan semakin banyak tersebar. Suhu air panas yang ada di pemandian air panas Ciater ini berkisar antara 43 sampai 46 derajat celcius.

BACA JUGA  Rekomendasi Paket Tour Jogja yang Telah Tersedia

Di pemandian air panas Ciater terdapat dua jenis pemandiannya. Berendam di kolam alami aliran sungai yang hangat dan kolam berendam pribadi yang disewakan secara khusus. 

Untuk menuju pemandian Ciater, kalian akan disuguhi dengan pemandangan alam yang cantik dan melihat kebuh teh dengan suhu yang sejuk. Untuk tiket masuknya hanya Rp 20.000 hingga Rp 50.000 untuk perendaman yang reguler.

3. Pemandian air panas Cimanggu

Jika kalian ingin berendam air panas di malam hari, tempat pemandian air panas yang satu ini sangat cocok bagi kalian. Pemandian air panas yang satu ini buka hingga malam hari. 

Kalian bisa relaksasi sejenak untuk berendam didalam kolam air panas yang pastinya sangat menyenangkan dan nyaman. Jika kalian ingin suasana yang private, pemandian Cimanggu menyediakan fasilitas kolam private.

Pemandian air panas Cimanggu terdapat pemandangan pohon-pohon yang rindang dan hijau yang pastinya sangat membuat para pengunjung lebih nyaman dan tenang. Selain fasilitas yang lengkapnya, adapun tempat lainnya seperti taman kelinci, area permainan anak, area outbound yang pastinya sangat cocok bagi wisata keluarga.

Untuk tiket masuknya juga tidak mahal, kalian hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 17.000 untuk hari biasa dan Rp 21.500 untuk akhir pekan. 

4. Gracia Hot Spring

Pemandian air panas yang satu ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin berendam air panas di wilayah Jawa Barat. Gracia Hot Spring menawarkan 3  kolam pemandian yang berbeda. Pemandian air panas utama, untuk orang dewasa, dan pemandian air panas untuk anak-anak.

Dipinggir kolam juga terdapat kursi payung yang digunakan untuk bersantai setelah berendam. Pemandian ini juga memiliki fasilitas lainnya seperti ruang mandi, kantin, hingga ruang spa. Tidak hanya itu, di pemandian air panas ini juga memiliki beberapa resort yang bisa kalian gunakan untuk menginap semalam. 

BACA JUGA  Traveling Murah ke Jepang

Sumber air panas Gracia Hot Spring berasal dari aliran gunung Tangkuban Perahu yang terdapat kandungan sulfur yang dipercaya baik bagi tubuh dan kulit. Jika kalian tertarik, cukup datang saja ke Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater. Untuk tiket masuknya hanya Rp 60.000 untuk hari biasa dan Rp 75 di akhir pekan.

5. Pemandian air panas Banyuwedang

Pemandian air panas yang terakhir adalah Banyuwedang yang terletak di Bali. Pemandian air panas ini baru buka pada tahun 2017 lalu. Banyuwedang kini menjadi dikenal bagi para wisatawan.

Sumber air panas Banyuwedang sudah ada sejak 1965 yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pemandian ini juga memiliki 2 kolam, privat dan umum. Untuk jam operasionalnya buka jam 7.00 hingga 22.00 WITA dan untuk tarifnya Rp 10.000 untuk kolam umum dan Rp 25.000 untuk kolam privat.