6 Tips Belajar Online

Diposting pada

Perkembangan teknologi di era sekarang ini telah memungkinkan siapa saja untuk belajar di waktu kapan saja dan di mana saja. Fleksibilitas ini didukung oleh adanya internet yang memberikan kemudahan untuk belajar secara jarak jauh atau secara online.

Sayangnya, kemudahan belajar secara online dirasa tidak cukup efektif bagi beberapa kalangan. Ini dikarenakan banyak dari siswa maupun guru yang ternyata belum terbiasa dengan metode pembelajaran satu ini. Nah, kalau kamu juga merasakan kesulitan dalam belajar online, simak yuk tips-tips belajar online berikut, biar kamu semakin enjoy dalam belajar.

Sesuaikan Cara Belajar dengan Gaya Belajar

Tahukah kamu kalau gaya belajar setiap orang itu berbeda? Secara umum, terdapat tiga macam gaya belajar yaitu auditorial, visual, dan kinestetik. Setiap gaya belajar tersebut tentunya juga membutuhkan cara belajar yang berbeda. Nah, untuk itu, coba kamu mengenali dulu seperti apa gaya belajarmu selama ini, kemudian kamu akan lebih mudah untuk menentukan cara belajar yang tepat.

Misalnya, jika gaya belajarmu lebih cenderung visual, maka cara belajar online yang cocok denganmu adalah dengan membaca materi-materi yang ada di internet. Berbeda jika gaya belajarmu cenderung auditorial, maka kamu akan lebih suka belajar online sambil mendengarkan musik.

Pilih Tempat yang Kondusif

Tidak dipungkiri tempat yang kondusif juga mempengaruhi efektifnya belajar online. Di saat kamu akan belajar online, usahakan untuk menyiapkan satu tempat khusus yang nyaman dan kondusif. Tempat tersebut bisa di mana saja, asalkan memang kamu dapat berkonsentrasi dan tidak mudah terganggu.

Atur Jadwal Belajar dan Konsisten dengan Jadwal Tersebut

Tidak efektifnya belajar online, bisa terjadi kalau kamu tidak mengatur jadwal belajarmu tersebut. Mulailah dengan menulis jadwal harian, misalnya di pagi hari, kamu belajar materi pelajaran sekolah dengan guru. Lalu, di sore atau malam harinya dapat kamu gunakan untuk mencicil tugas.

Selebihnya, di waktu weekend atau waktu luang, kamu dapat mencari sedikit materi tambahan entah itu dari situs belajar atau menonton video pembelajaran yang ada di YouTube.  Setelah kamu membuat jadwal yang sesuai, jangan lupa untuk tetap konsisten dengan jadwal tersebut. Ingatlah kalau konsisten adalah kunci keberhasilan proses belajar itu sendiri.

Jauhkan Segala Distraksi yang Ada

Mengingat banyak siswa belajar online dengan bantuan handphone, maka distraksi akan lebih mudah muncul. Saat waktu belajar onlinemu akan dimulai, sebisa mungkin non-aktifkan notifikasi dari berbagai aplikasi yang mudah memecah konsentrasi. Contohnya, aplikasi-aplikasi sosial media seperti Instagram, Twitter, Tiktok, dan lainnya.

Pastikan Koneksi Internet Tidak Lambat

Hampir semua orang pasti akan setuju kalau koneksi internet yang lambat akan membuat mood jadi buruk. Apalagi jika koneksi internet lambat di saat proses belajar online. Untuk itu, pastikan kuota internetmu masih cukup dan stabil supaya bisa mengakses materi-materi pembelajaran online dengan maksimal.

Minum Air Putih Secara Cukup

Jangan salah sangka, minum air putih secara cukup ternyata bisa membantu kamu semakin fokus dalam belajar lho. Jika kamu kekurangan cairan, maka  asupan oksigen dalam darah juga akan berkurang, dan demikian akan membuat kamu jadi kurang konsentrasi saat belajar. Jadi, jangan sepelekan masalah minum air putih untuk menunjang kegiatan belajar onlinemu ya.

Nah, itulah seluruh tips yang dapat kamu coba supaya belajar online jadi lebih efektif. Tentunya, belajar online bisa jadi lebih seru kalau kamu juga belajar dengan bantuan situs pembelajaran yang menyajikan materi secara ringan, tetapi sangat lengkap seperti situs tambahpinter. Selamat belajar dan tetap jaga kesehatan.