6 Tips Melamar Kerja Setelah Lulus Kuliah Paling Ampuh!

Diposting pada

Melamar pekerjaan adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh hampir semua orang setelah lulus kuliah. Akan tetapi, melamar pekerjaan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Untuk bisa segera mendapat pekerjaan usai lulus kuliah, ikuti beberapa tips melamar kerja setelah lulus kuliah berikut.

 

1. Menyiapkan CV terbaik

Hal pertama yang harus dilakukan, adalah membuat surat lamaran pekerjaan yang sifatnya menjual. Menjual dalam hal ini, yaitu membuat perusahaan yang dituju tertarik untuk membaca dan memahaminya. Nah, jangan lupa untuk menyertakan CV terbaik, karena CV menjadi poin penting saat melamar pekerjaan.

2. Menghadiri job fair

Bagi yang ingin langsung bekerja di perusahaan besar setelah lulus kuliah, maka jangan lewatkan kegiatan job fair yang sering diadakan oleh pemerintah atau lembaga-lembaga setempat. Dalam job fair tersebut, bisa ditemukan banyak sekali lowongan pekerjaan untuk berbagai bidang.

3. Mengikuti media sosial lowongan pekerjaan sesuai daerah

Perkembangan teknologi juga berdampak baik dalam hal pencarian pekerjaan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya akun media sosial yang menyebarkan informasi lowongan kerja. Pantau terus update lowongan tiap hari, dan langsung kirimkan lamaran serta CV begitu menemukan lowongan yang cocok.

4. Memperbaiki profil media sosial

Tips melamar kerja setelah lulus kuliah berikutnya adalah dengan merapikan media sosial dan yang dimiliki. Tidak sedikit perusahaan yang akan melihat profil media sosial sebelum menentukan kandidat yang tepat. Oleh sebab itu, pastikan tampilan media sosial terlihat rapi untuk menarik minat perusahaan.

5. Mengontak alumni senior

Menjalin komunikasi dengan alumni senior memang sangat dibutuhkan, terlebih saat butuh pekerjaan. Ya, mungkin saja mereka bisa membantu menemukan pekerjaan sesuai jurusan kuliah. Tidak hanya menyediakan relasi, mungkin saja mereka juga akan menawarkan peluang pekerjaan yang menarik.

BACA JUGA  Modifikasi Kendaraan Bus Simulator Indonesia (BUSSID)

6. Menekuni skill tertentu

Tips melamar kerja setelah lulus kuliah yang terakhir adalah dengan menekuni skill tertentu. Seperti dilansir dari oryzaonline.com, menekuni suatu hal tertentu bisa dilakukan sembari menunggu panggilan dari perusahaan yang dilamar. Jika pada akhirnya panggilan tidak datang, paling tidak ada skill khusus yang bisa diandalkan untuk melamar di perusahaan lain.