7 Tips Merawat Laptop Baru Agar Tetap Awet Tahan Lama

Diposting pada

Memiliki laptop baru pasti menjadi dambaan banyak orang terutama barang ini sudah lama di idam – idamkan. Meskipun baru yang namanya perawatan tetap harus dilakukan. Tujuannya jelas agar laptop awet dan tahan lama sehingga tak cepat rusak.

Maka dari itu semakin dini dalam merawat laptop menjadikan ini hal yang bagus. Lalu bagaimana cara merawatnya??? Simak ulasannya di bawah ini menyadur dari beberapa sumber terpercaya.

1. Lakukan shutdown

Berbeda dengan komputer, bila tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Manfaat mematikan adalah membuat laptop sendiri tidak menjadi panas dan juga memberikan istirahat kepada semua komponen yang bekerja sebelumnya. Lakukan shutdown dengan benar dengan menekan tombol yang sudah ada. Bila melakukan dengan asal yang penting mati maka bisa saja akan merusak perangkat yang ada baik software dan hardwarenya.

2. Perhatikan dalam membawa

Bila laptop sendiri akan di bawa dan dimasukkan ke dalam tas atau soft case sebaiknya dalam kondisi mati. Umumnya orang – orang melakukan dalam keadaan standby. Alasannya terburu – buru. Masuk akal si. Namun ada akibatnya bila dilakukan karena bisa merusak harddisk. 

Untuk laptop yang baru saja dimatikan pasti masih panas. Maka dari itu menutupnya jangan terlalu rapat. Usahakan ada sirkulasi udara. Untuk cara aman lainnya sebaiknya isi di dalam tas jangan terlalu penuh. Dengan beban yang ada kemungkinan besar akan menekan laptop dan bisa saja lcd yang di dalam bisa tertekan jadinya malah rusak.

3. Update bios

Jangan sampai lupa untuk mengupdate BIOS laptop. Dengan mengupdate di versi terbaru memungkinkan sekali performa semakin meningkat. Karena ada beberapa hal yang diperbaharui. Untuk mengupdatenya ini mudah kog. Kunjung dulu website laptop tersebut. Cari jenis laptop yang sesuai dengan yang ada. Di sana akan ada keterangan bagaimana caranya. Namun bila bingung atau tak ada waktu bisa menghubungi service laptop atau service komputer di sekitar anda. Kedua profesi itu pada dasarnya bisa memperbaiki satu sama lainnya.

4. Pakai Antivirus

Laptop perlu sekali di pasang sebuah antivirus. Antivirus akan membantu menangkat serangan malware yang datang tak terduga. Selain sistem yang di lindungi data anda pun akan tetap aman. Yang perlu di perhatikan adalah jangan sampai lupa untuk melakukan update terbaru secara berkala.

5. Letakkan di alas berbahan solid

Euforia memiliki laptop baru adalah tidak kenal waktu memakainya bahkan sering di bawa kemana pun. Salah satunya sampai di atas kasur. Dan ujung – ujungnya akan meletakkan di sana juga. Sebelum anda terlambat sebaiknya jangan lakukan ini, sebab bahan kasur yang lembut akan menyerap panas yang ada. Akibatnya panas ini tidak akan pergi kemana – mana dan ini bisa mengakibatkan overhead. Bila masih ingin memakai juga maka gunakan alas laptop dengan bahan solid seperti meja laptop lipat atau buku. 

6.Bersihkan secara berkala

Jangan malas untuk bersih – bersih. Ingat kebersihan adalah sebagian dari iman dan juga cermin dari si pemakai. Namun bukan hanya itu saja sih. Dengan membersihkan secara rutin maka laptop semakin awet. Tanpa disadari debu yang kecil – kecil ini bisa mengganggu kinerja karena bisa menempel di sela – sela keyboard, kipas, saluran pembuangan panas, lcd. Bersihkan secara rutin menggunakan kain halus dan cairan pembersih khusus atau bisa juga memakai minyak kayu putih. 

7. Jangan download sembarangan

Jangan pula sembarangan mendownload aplikasi dari situs yang tidak jelas adanya, terlebih free. Seringnya model seperti ini telah di injek virus di dalamnya. Sehingga bila aplikasi di install di dalam laptop akan dengan cepat menginfeksi sistem dan lambat laun akan menurunkan kinerja.

Lalu bagaimana bila laptop ini rusak??? Ya harus diperbaiki segera dong. Bila tidak bisa ya serahkan saja pada ahlinya kan? Untuk kalian yang ada di seputaran ibu kota bisa kok mencari jasa service laptop di jakarta, yang siap untuk memperbaiki perangkat kesayangan anda tanda anda harus keluar rumah.