8 Cara Blokir Aplikasi di HP Terbaru

Diposting pada

Di lansir dari livaza.com bahwa Banyak alasan mengapa seseorang ingin memblokir aplikasi di hp-nya, seperti menghindari kecanduan media sosial, mencegah akses anak-anak ke aplikasi yang tidak sesuai, atau membatasi penggunaan aplikasi oleh karyawan di tempat kerja. Berikut ini adalah 8 cara mudah untuk memblokir aplikasi di hp:

Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Contoh Aplikasi Lengkap

  • Menggunakan Fungsi Bawaan pada HP

Beberapa pabrikan hp menyediakan fitur bawaan untuk memblokir aplikasi di hp. Cara ini umumnya mudah dilakukan dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Caranya berbeda-beda tergantung dari jenis hp yang digunakan, namun biasanya dapat ditemukan di pengaturan atau aplikasi keamanan.

  • Menggunakan Aplikasi Blokir

Banyak aplikasi di Google Play Store yang dapat digunakan untuk memblokir aplikasi di hp. Beberapa aplikasi ini bahkan dilengkapi dengan fitur untuk memblokir panggilan dan pesan teks yang tidak diinginkan. Beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah AppLock, Norton App Lock, dan Lockdown Pro.

  • Menggunakan Pengaturan pada Aplikasi

Beberapa aplikasi juga menyediakan fitur untuk memblokir akses ke aplikasi. Misalnya, pada aplikasi media sosial Instagram, pengguna dapat membatasi akses ke akun dengan menggunakan fitur "Aktivitas Waktu". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu maksimum yang dapat dihabiskan di Instagram setiap harinya.

  • Menggunakan Mode Anak pada HP

Beberapa hp juga memiliki fitur "Mode Anak" yang memungkinkan orang tua untuk membatasi akses anak-anak mereka ke aplikasi tertentu. Fitur ini dapat ditemukan di pengaturan hp dan dapat diatur sesuai kebutuhan.

  • Menggunakan Aplikasi Parental Control

Aplikasi Parental Control dapat digunakan untuk membatasi akses anak-anak ke aplikasi tertentu, serta untuk membatasi waktu penggunaan hp. Beberapa contoh aplikasi Parental Control yang dapat digunakan adalah Qustodio dan Net Nanny.

  • Menggunakan Fitur Screen Time pada HP
BACA JUGA  Perbedaan HDMI, DVI, dan VGA Beserta Fungsi Utamanya

Beberapa hp juga memiliki fitur "Screen Time" yang memungkinkan pengguna untuk membatasi waktu penggunaan hp, termasuk waktu yang dihabiskan di aplikasi tertentu. Fitur ini dapat ditemukan di pengaturan hp dan dapat diatur sesuai kebutuhan.

  • Menggunakan Aplikasi Khusus untuk Kecanduan

Jika Anda ingin menghindari kecanduan aplikasi tertentu, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus yang dirancang untuk membantu mengurangi kecanduan tersebut. Beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah Freedom, Offtime, dan Flipd.

  • Menggunakan Mode Darurat pada HP

Beberapa hp memiliki fitur "Mode Darurat" yang memungkinkan pengguna untuk memblokir semua aplikasi dan hanya memungkinkan panggilan darurat. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol power secara berulang-ulang hingga muncul opsi "Mode Darurat".

 

Itulah 8 cara blokir aplikasi di hp yang bisa kalian coba di rumah dan semoga bermanfaat ya.