Agar Lebih Wangi dan Percaya Diri, Ikuti Cara Menghilangkan Bau Badan Ini

Diposting pada

Ada beberapa orang yang merasa tidak percaya diri karena bau badannya terlalu kuat. Biasanya, bau badan ini akan muncul pada saat seseorang mengeluarkan banyak keringat. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa pemicu bau badan itu sebenarnya bukan keringatnya, melainkan bakteri yang terdapat di kulit.

Pada saat tubuh mengeluarkan banyak keringat, bakteri tersebut lebih mudah berkembangbiak serta memecah protein yang ada pada keringat menjadi zat asam. Akibatnya, badan menjadi berbau tidak sedap. Untuk mengatasinya, bisa ikuti cara menghilangkan bau badan berikut ini.

bau baddan

1. Cukur Bulu Ketiak

Berdasarkan penjelasan yang ada dalam Journal of Cosmetic Dermatology, disebutkan bahwa mencukur bulu ketiak itu bisa mengurangi bau yang tidak sedap. Pasalnya, kulit yang tanpa bulu lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan kulit yang ada rambutnya. 

2. Perhatikan Apa yang Dimakan

Mengontrol makanan juga bisa menjadi kiat untuk menghilangkan bau badan. Memang ada beberapa makanan yang membuat aroma tubuh menjadi tidak enak, seperti bawang bombay, bawang putih dan brokoli. 

Selain itu, ada juga makanan-makanan yang bisa memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat berlebih seperti alkohol, kafein dan makanan yang pedas. Makanan-makanan seperti itu sebaiknya dihindari saja atau dibatasi konsumsinya untuk meminimalisir kemungkinan munculnya bau badan.

3. Gunakan Deodoran atau Antiperspiran

Menggunakan deodoran atau antiperspiran juga merupakan langkah yang bagus untuk mengurangi bau badan. Keduanya adalah produk yang berbeda ya. Deodoran akan bekerja dengan cara menyerang bakteri yang berpotensi menghasilkan bau badan.

Oleh sebab itu tidak heran jika produk ini mengandung komponen antibakteri yang sekaligus bertujuan untuk menciptakan lingkungan dimana bakteri tidak dapat hidup lagi. Sementara antiperspirant, ini termasuk obat-obatan yang fungsinya adalah mencegah ketiak supaya tidak basah.

4. Jaga Tubuh Tetap Kering

Menjaga tubuh tetap kering sangat penting untuk mencegah dan menghilangkan bau badan. Terutama untuk bagian-bagian yang rentan berkeringat, pastikan kondisinya harus kering sepenuhnya. Pasalnya, bakteri lebih menyukai tempat yang lembab atau basah. 

Oleh karena itu, cobalah untuk keringkan bagian tubuh yang berkeringat. Lebih bagus lagi kalau Anda sekalian mengganti baju dengan baju lain yang bersih. 

 

Satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk menghilangkan bau badan ialah jangan malas mandi. Paling tidak dalam sehari mandilah sekali untuk mengurangi jumlah bakteri penyebab munculnya bau badan. Mandinya juga pakai sabun ya, jangan cuma pakai air. Utamakan sabunnya adalah sabun antibakteri seperti Medicare.