Apa itu IoT : Prinsip, Manfaat dan Contoh Perangkatnya

Diposting pada

Tahukah Anda, Internet of Things atau IoT kini tengah menjadi topik perbincangan hangat di masa revolusi industri saat ini? Apa itu IoT? Tak banyak orang yang mengetahui istilah satu ini. Yuk simak uraian berikut supaya lebih memahami secara mendalam tentang IoT.

 

Apa itu Internet of Things?

Menurut website Majapahit Teknologi, IoT merupakan sebuah konsep komputasi tentang objek sehari-hari yang terhubung secara langsung ke internet serta mampu mengidentifikasi diri ke perangkat teknologi lainnya.

Sederhananya, IoT adalah program yang menghubungkan semua objek fisik di kehidupan sehari-hari ke internet.

 

Prinsip Internet of Things

Prinsip IoT terbagi menjadi 2 bagian utama, yakni internet yang mengatur konektivitas dan things adalah objek atau sebuah perangkat. Nah, things disinilah yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data lalu mengirimkannya ke internet. Data tersebut bisa diakses oleh things lainnya.

Sementara itu, ada 7 prinsip dasar yang menopang IoT. Diantaranya yaitu big analog data, perpetual connectivity, really real time, the spectrum of insight, immediacy versus depth, shift left dan the next V.

prinsip dunia Iot

Manfaat Internet of Things

Ada beberapa manfaat IoT yang mungkin sering tidak disadari. Diantara manfaat utama yang bisa didapatkan langsung dari IoT yaitu konektivitas, efisiensi dan kemudahan. Ketiga manfaat ini banyak dirasakan terutama di zaman serba canggih teknologi seperti sekarang ini.

 

Contoh Perangkat IoT

Belakangan tahun in, penggunaan teknologi IoT semakin meningkat. Pada umumnya, contoh perangkat IoT yang banyak digunakan di era digital saat ini yaitu meliputi smartphone, smart gadget, laptop, smartwatch dan masih banyak lagi yang lainnya. 

 

Mempelajari Pemrograman IoT

Anda berkeinginan untuk mempelajari lebih dalam tentang pemrograman IoT? Selain memahami apa itu IoT, Anda juga perlu menerapkan tips belajar pemrograman IoT. Diantaranya yaitu mempunyai pemahaman lebih tentang sensor, mempelajari JavaScript serta bermain dengan Raspberry Pi.

 

Penutup

Demikianlah ulasan tentang apa itu IoT, prinsip Iot, manfaat beserta contohnya secara singkat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat ya.