Apakah Bersepeda Quad di Bali Aman Untuk Pemula? Cek Jawabannya di Sini

Diposting pada

Selain pesona alamnya, pulau Dewata Bali juga tersohor dengan wahana Quad Bike atau All Terrain Vehicle (ATV). Sayangnya, bodi kendaraan besar dan medan ekstrem membuat beberapa orang ragu untuk menjajalnya. Bahkan banyak yang bertanya apakah bersepeda Quad di Bali aman?

Ya, untuk menunggangi kuda besar ini sebenarnya memang diperlukan pengetahuan dan skill. Khususnya untuk kawasan Bali yang terkenal dengan topografinya yang tidak rata. Nah, daripada penasaran dan ragu-ragu, simak dulu ulasan tentang Quad Bike Bali berikut ini!

Apakah Bersepeda Quad di Bali Aman untuk Pemula?

ATV atau Quad Bike merupakan wahana yang kerap berseliweran di area pelosok Bali. Tak hanya satu, ada puluhan penyedia jasa sewa kendaraan roda empat ini. 

Jadi bisa disimpulkan bahwa bersepeda Quad di Bali terbilang cukup aman. Ada beberapa alasan mengapa wahana ini aman dan patut untuk dicoba, diantaranya;

1.    Briefing Sebelum Berangkat

Alasan pertama mengapa Quad Bike atau ATV aman untuk pemula yaitu adanya briefing. Sebelum berangkat menjelajah kawasan Bali, semua peserta akan dikumpulkan dan diberi pengarahan. 

Materi pertama yang akan disampaikan yaitu cara pengoperasian kendaraan. Bagi seorang pemula, tentu menunggangi kuda besi ini cukup sulit. Selain bodi yang gagah, cara menjalankannya pun juga berbeda dibanding sepeda motor kebanyakan.

Materi lain yaitu pengetahuan tentang medan yang akan dilalui. ATV memang dirancang untuk menerobos jalur ekstrim seperti pegunungan, bukit, dan sungai. Jadi instruktur akan memberikan arahan bagaimana cara untuk melalui semua medan tersebut.

2.    Dikawal Tour Guide

Setelah mendapat briefing atau arahan, peserta tidak akan dilepas begitu saja di alam bebas. Ada beberapa orang tour guide atau pemandu yang akan mengawal perjalanan dari awal hingga akhir. 

BACA JUGA  5 Pemandian Air Panas Terbaik Yang Dapat Menghilangkan Lelah Setelah Bekerja

Tenang saja, semua pemandu ini telah berpengalaman puluhan tahun dalam bidangnya. Selain itu, mereka juga diwajibkan memiliki lisensi atau surat ijin pemandu ATV. Jadi tour guide bisa memberikan instruksi sesuai dengan standar, khususnya jika terjadi hal di luar rencana. 

Biasanya ada satu pemandu yang akan mengawal di baris depan. Tugasnya untuk memberikan instruksi arah jalan yang harus dilalui. 

Sedangkan pemandu lain akan menyebar di bagian tengah dan belakang. Cara ini bertujuan agar semua aktivitas peserta bisa dipantau, sehingga perjalanan dipastikan aman. 

3.    Perlengkapan Keamanan Lengkap

Apakah bersepeda Quad di Bali aman? Jawabannya ya! Alasannya karena selama perjalanan peserta diwajibkan memakai perlengkapan keamanan. 

Perlengkapan tersebut meliputi helm, pelindung lutut, dan sepatu boots. Semua perlengkapan yang disediakan pun sudah sesuai dengan standar SNI, jadi bisa dipastikan keamanannya.  

Anda bisa memakai peralatan ini tanpa harus membayar biaya tambahan. Karena sudah termasuk ke dalam paket ATV yang disewa. 

4.    Disediakan Jalur Khusus

Alasan terakhir mengapa bersepeda Quad di Bali aman yaitu disediakan jalur khusus. Perjalanan tidak akan melewati sembarang jalur, karena cukup berbahaya.

Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan trek private khusus untuk ATV yang mereka sewakan. Satu jasa ATV memiliki jalur yang berbeda dengan jasa ATV lain. 

Keuntungan lain dari jalur khusus ini yaitu pemandu yang sudah khatam jalur. Jadi insiden di luar rencana bisa diminimalisir. 

 

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai jawaban dari pertanyaan apakah bersepeda Quad di Bali aman. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa menjajal wahana ini di Bali sangat aman. Silahkan click tautan untuk membaca lebih lanjut baliatvridetour.com

BACA JUGA  Ingin Menikmati Suasana Malam Hari di Puncak? Ini Dia Rekomendasinya!

Pasalnya ada tour guide berpengalaman dan berlisensi yang akan memandu. Perlengkapanan keamanan yang disediakan pun juga sudah sesuai dengan standar yang berlaku.