Bagaimana Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah Type 36? Ini Jawabannya

Diposting pada

Setiap orang terutama bagi pasangan muda yang baru menikah tentu memiliki gambaran tentang rumah yang menjadi impian. Memiliki rumah sendiri memang menjadi suatu kebanggaan yang bisa dikatakan sebagai salah satu pencapaian besar dalam hidup.

Selain menjadi harta yang berharga dan bernilai, rumah juga menjadi tempat tinggal paling nyaman setelah bekerja. Sehingga setiap orang akan menggunakan cara menghitung luas bangunan rumah dengan tepat dan membuatnya sebagus mungkin karena menjadi cerminan dari pemiliknya.

 

Cara menghitung luas bangunan rumah type 36 dengan mudah

Baik saat memutuskan untuk membangun rumah secara mandiri atau membeli rumah siap huni, hal yang menjadi pertimbanga utama adalah tipe rumah. Setiap tipe rumah tentu memiliki ukuran dan luas yang berbeda-beda, seperti ukuran rumah tipe 36 berapa meter luasnya akan berbeda dengan tipe rumah 21 atau 24.

Tipe rumah juga menjadi acuan utama dalam menetapkan harga pada transaksi jual beli rumah. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui tipe rumah berdasarkan luas banguannya di bawah ini:

  • Tipe 21 atau 24

Merupakan tipe rumah pertama dengan ukurang yang paling kecil dibandingkan lainnya. Untuk mengetahui tipe tersebut bisa diketahui dari angka yang tertera. Jika angka menunjukkan 21 maka ukuran yang dimiliki rumah tersebut sekitar 3×7 meter dengan luas 21 meter. Sedangkan untuk tipe 24 maka ukuran luasnya sekitar 4×6 meter, umumnya tipe rumah ini hanya memiliki satu ruang tidur saja.

  • Tipe 36

Jika hunian tersebut rumah type 36/90 artinya dibangun di atas tanah yang memiliki ukuran 6×6 meter. Tipe rumah yang kedua ini bisa ditempati oleh keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah karena jumlah kamarnya 2. Rumah tipe 36 juga banyak dijadikan sebagai salah satu investasi properti. Sebagian besar orang memilih rumah ini karena dianggap lebih terjangkau dan mudah laku jika dijual kembali karena banyak yang membutuhkan.

  • Tipe 45

Cara mengetahui rumah tipe 45 juga masih sama dengan cara lainnya. Bagi kamu yang jumlah keluarganya cukup banyak, maka rumah ini sangatlah cocok karena memiliki ukuran 6 x 7,5 meter. Area rumah yang dilengkapi dengan halaman luas bisa kamu kreasikan untuk berbagai keperluan baik playground atau taman. Rumah ini juga menjadi investasi properti yang menguntungkan, apalagi dibangun di daerah strategis.

  • Tipe 54

Karena lebih besar dari tipe sebelumnya, tentu rumah ini sangat cocok dihuni bersama keluarga besar. Dilengkapi tempat tidur dengan ukuran yang luas, membuat peminat rumah tipe 54 tidak pernah surut. Adapun peminat dari hinaan ini berasal dari kalangan masyarakat menengah ke atas. Konsep pembangunannya juga memungkinkan masih memiliki sisa lahan yang bisa dimanfaatkan.

  • Tipe 60 dan 70

Dilengkapi dengan kamar yang berjumlah 3 unit, rumah tipe 60 cocok menjadi tempat tinggal kamu yang memiliki baby sitter. Tentu sangat wajar jika tipe 60 lebih banyak diminati oleh kalangan menengah ke atas. Ukuran yang dimiliki 6×10, dn tipe 70 memiliki ukuran 7×10

  • Tipe 120

Tipe terakhir ini sekaligus menjadi tipe rumah paling besar yang dibangun developer. Masuk dalam kategori rumah mewah, rumah ini memiliki ukuran yang bervariasi, mulai 10×12 hingga 8 x 15 meter.

 

Sebenarnya cara menghitung luas bangunan rumah type 36 memang tidak terlalu sulit. Asalkan kamu sudah mengetahui berapa ukurannya maka akan lebih mudah dalam mempertimbangkan modal. Setiap developer juga memiliki kisaran harga sendiri yang disesuaikan keadaan biaya.