Bikin Nyeri dan Sakit, Begini Cara Mengobati Saraf Kejepit

Diposting pada

Bikin nyeri dan sakit, ada banyak cara mengobati saraf kejepit agar penyakit ini dapat sembuh. HNP atau disebut dengan hernia nucleus pulposus menimbulkan rasa nyeri, panas seperti terbakar hingga kadang kesemutan dan mati rasa.

Kondisi tidak nyaman seperti ini tentu sangat mengganggu dan penderita tersiksa. Apabila dibiarkan saja dapat membahayakan tubuh. Perlu upaya penyembuhan dengan mengobati sesuai kondisi saraf kejepit ini.

 

Begini Cara Mengobati Saraf Kejepit, Agar Hidup Kembali Normal

Mengalami saraf kejepit memang menyiksa dan mengakibatkan aktivitas terganggu. Kadang, untuk duduk dan bangkit dari duduk saja sudah kesakitan selain itu muncul gangguan lain yang kurang nyaman. Berikut ini cara mengobati yang dapat diusahakan untuk kesembuhan, yaitu:

1. Konsumsi Obat-Obatan

Cara awal yang biasanya ditempuh dengan mengkonsumsi obat-obatan agar rasa nyeri dan sakit berkurang. Tentu saja sebelum membeli dan minum obat ini harus berkonsultasi pada dokter ahli. Beberapa obat yang sering dikonsumsi adalah:

  • Memberi pelemas otot jika gejala yang ditimbulkan adalah kejang otot.
  • Memberi suntikan kortison, hal ini dilakukan dokter apabila rasa sakit dan nyeri tidak kunjung berkurang. Dokter akan memberi suntikan kortikosteroid di area sekitar saraf pada tulang belakang.
  • Opioid, apabila obat di atas tidak mampu lagi menangani masalah nyeri yang muncul, dokter biasanya memberikan opioid. Opioid digunakan dalam jangka pendek sesuai anjuran dokter.

Selain itu pengobatan saraf kejepit dapat dilakukan dengan minum obat bebas yang dapat dibeli untuk meringankan gejala sakit yang muncul. Beberapa di antaranya adalah obat pereda nyeri acetaminophen, atau ibuprofen.

2. Melakukan Terapi

Langkah kedua sering dipilih agar kondisi saraf kejepit dapat disembuhkan. Terapi ini tergantung kondisi yang diidap dari penderita. Terapi fisik yang dilakukan diharap dapat meminimalisir, mengurangi hingga menyembuhkan saraf kejepit.

3. Tindakan Operasi

Langkah terakhir yang dapat dilakukan dengan melakukan tindakan operasi. Tindakan ini pada umumnya dilakukan jika pemberian obat-obatan dan terapi sudah tak dapat mengurangi sakit pada saraf.

Terlebih lagi apabila selama enam minggu ada gejala yang terjadi terus terusan. Di antaranya kesemutan, nyeri berlebihan, sulit berdiri dan tidak adanya kontrol kandung kemih dan usus. Dengan demikian melakukan tindakan operasi perlu dilakukan.

 

Perlu diingat, cara mengobati saraf kejepit tergantung kondisi penderita dengan gejala yang muncul. Melakukan penyembuhan dengan pengobatan dan disesuaikan mana yang sekiranya cocok dan tepat. Konsultasi pada ahlinya adalah langkah awal sebelum melakukan tindakan penyembuhan.