Bukan Hanya Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Manfaat Alpukat Untuk Kulit

Diposting pada

Bukan Hanya Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Manfaat Alpukat Untuk Kulit – Bukan hanya enak dikonsumsi sebagai jus, namun buah alpukat juga bisa diolah sebagai menu makanan yang mengenyangkan. Apalagi dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh.

DIkutip dari beberapa penggiat alpukat, salah satunya yaitu Bibitbuahku.com, buah Alpukat ini mengandung berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, C, dan E, serta asam lemak tak jenuhnya bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit yang berbahaya sekalipun. Bahkan manfaat alpukat tak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga baik untuk kesehatan kulit. Dan anda tak hanya akan mendapatkannya melalui cara dikonsumsi namun juga dapat digunakan sebagai masker.

Jadi tak ada salahnya untuk menggunakan masker alpukat sebagai perawatan sehari hari. Akan ada banyak manfaat alpukat untuk kulit yang bisa anda dapatkan, seperti penjelasan di bawah ini

1. Melembabkan Kulit Wajah

Alpukat memiliki kandungan yang kaya akan minyak, antioksidan dan vitamin E yang sangat baik bagi kulit. Jika anda ingin mendapatkan manfaat melembabkan kulit wajah dengan menggunakan masker buah alpukat, anda bisa menggunakan kombinasi buah alpukat, madu, dan yoghurt sebagai masker alami. Campurkan semua bahan hingga merata dan berbentuk seperti pasta. Setelah itu barulah anda bisa mengaplikasikan merata pada kulit dan kemudian diamkan beberapa saat. Untuk anda yang memiliki masa kulit kering dan pecah-pecah, mungkin masker ini akan sangat cocok untuk anda gunakan. 

2. Bantu Memudarkan Kerutan

Kerutan menjadi masalah yang paling ditakutkan wanita, apalagi ini dapat terjadi pada usia dini. Sehingga berbagai wanita rela menghabiskan banyak dana untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini terjadi. Kerutan dapat terjadi karena berbagai faktor, mulai dari pertambahan usia, terkena paparan sinar matahari terlalu sering, hingga penggunaan make up yang tidak tepat. Anda bisa menggunakan masker buah alpukat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini termasuk kerutan. Kandungan vitamin E dan fatty acids di dalamnya dapat mengembalikan kesegaran dan kelembaban terutama di area mata yang sering mengalami kerutan. Cukup gunakan buah alpukat dan olah menjadi masker. Tekan daging alpukat perlahan sehingga minyak alami di dalamnya bisa terserap ke dalam kulit. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas menggunakan air bersih. 

3. Membersihkan Hingga Ke Dalam Pori-Pori Wajah

Masker alpukat juga memiliki manfaat yang baik untuk membersihkan hingga ke pori-pori kulit. Seringkali masalah jerawat dan komedo terjadi akibat kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit wajah, penggunaan masker buah alpukat ini akan sangat membantu untuk membersihkan dan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. anda bisa menggunakan daging buah alpukat dan kemudian campurkan dengan kuning telur dan ½ cangkir susu. Aduk ketiga bahan ini hingga merata seperti lotion, kemudian anda bisa mengoleskan pada kulit wajah. Untuk meredakan amis setelah menggunakan masker wajah alpukat ini, anda bisa membasuh wajah menggunakan air hangat yang dicampurkan air jeruk nipis. 

Baca Juga : Bibit Alpukat Aligator Cepat Berbuah

4. Memudarkan Kantung Mata

Tak hanya dapat membantu mengurangi kerutan, namun manfaat alpukat untuk kulit juga dapat membantu memudarkan kantung mata. Memiliki kantung mata tentunya sangat mengganggu penampilan. Lingkaran hitam yang ada di bawah mata dapat membuat wajah terlihat lelah sepanjang hari. Namun sayangnya menghilangkan kantung mata yang menghitam bukanlah hal mudah. Namun dengan buah alpukat, anda bisa menjadikannya masker untuk mengatasi kantung mata yang mengganggu. Caranya pun sangat mudah anda bisa menghaluskan buah alpukat sebagai masker dan gunakan pada area mata selama 20 menit.

5. Menghaluskan Kulit Tangan

Bagi anda yang sering mengerjakan pekerjaan rumah tangga, tak jarang ini akan membuat kulit tangan terasa kasar. Jika anda ingin mengembalikan agar tekstur kulit tangan menjadi halus kembali, anda bisa menggunakan scrub alpukat yang ditambahkan jeruk nipis, gandum, dan putih telur untuk menghaluskan kulit tangan. Untuk membuatnya, anda bisa menghaluskan daging buah alpukat dan kemudian tambahkan segenggam gandum (oat), air jeruk nipis dan putih telur. Setelah itu aduk campuran hingga merata dan pijat tangan menggunakan masker tersebut. setelah itu diamkan hingga 10 menit, kemudian anda bisa membasuh menggunakan air hangat. 

6. Mengangkat Lapisan Sel Kulit Mati

Lapisan sel kulit mati yang menumpuk di kulit tak hanya dapat membuat kulit wajah terlihat kusam, namun juga menjadi pemicu munculnya berbagai masalah kulit seperti penuaan dan jerawat. Penggunaan buah alpukat sebagai masker akan membantu mengangkat lapisan sel kulit mati di wajah bahkan di seluruh tubuh. Anda bisa membuat scrub alpukat dengan mencampurkan buah alpukat, madu, air lemon, dan garam. Campurkan semua bahan hingga berbentuk pasta dan kemudian oleskan pada wajah dan tubuh. Sambil dipijat perlahan dan kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. 

Banyak bukan manfaat alpukat bagi kulit? Jadi anda tak hanya bisa mengkonsumsinya untuk mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa mengaplikasikan pada kulit untuk membantu kulit menjadi sehat dan lembut.