Cara Beternak Sapi yang Baik dan Benar

Diposting pada

Ternak sapi termasuk hewan ternak yang bisa dibilang sulit untuk dirawat, dan mengembangkannya sebagai usaha agribisnis tentu bukanlah sebuah peluang usaha yang mudah.

Namun, siapa sangka jika ternyata ternak sapi dapat memberikan keuntungan yang besar, meskipun keuntungan dari bisnis ini besar, malah bisa merugikan bagi Anda yang tidak berpengalaman dalam bidang ini!

cara beternak sapi yang baik

Untuk mencapai hasil yang optimal dari usaha ternak sapi Anda, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

1. Tentukan Modal 

Jika Anda memiliki anggaran awal yang besar, Anda tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan banyak uang. Keuntungan yang akan Anda peroleh dari anggaran awal dapat berkali lipat.

Anggaran awal ini setidaknya harus mencukupi kebutuhan untuk beberapa ternak sapi pertama yang Anda mulai ternakkan. Modal awal adalah masalah keuangan dan jaringan sosial. Jaringan pertemanan ini sangat penting untuk mendapatkan berbagai informasi tentang berbisnis dan merawat ternak sapi.

2. Pilih Jenis Sapi

Memilih jenis sapi yang akan diternakkan adalah langkah pertama menuju ternak sapi yang sukses. Beberapa jenis sapi yang dapat Anda ternakkan termasuk yang berikut ini.

  • Sapi Ongole
  • Sapi Limousin
  • Sapi Brahman
  • Sapi Madura
  • Sapi Bali

Pada dasarnya, Anda harus memahami berbagai jenis sapi lokal dan impor sebelum memilih jenis sapi mana yang akan Anda budidayakan. Karena pertumbuhan dan perkembangan sapi lokal cenderung lama, namun memiliki kualitas daging yang baik, Anda harus lebih telaten jika Anda memilih sapi lokal. 

3. Siapkan Kandang Sapi

Menyiapkan kandang adalah kunci untuk berternak sapi yang baik. Tentu saja, membudidayakan sapi membutuhkan tempat.

Jumlah sapi yang akan Anda ternakkan harus disesuaikan saat Anda membuat kandang ini. Lokasinya harus kira-kira sepuluh meter dari rumah dan harus terkena matahari untuk mencegah kandang lembap. Oleh karena itu, ada tiga jenis kandang.

BACA JUGA  Panduan Lengkap Beternak dan Menggali Potensi Bisnis Sapi Potong

4. Penggemukkan Sapi

Proses penggemukkan adalah penting untuk beternak sapi yang baik. Penggemukkan sapi meningkatkan bobot daging dalam waktu yang singkat, kira-kira 3 hingga 6 bulan.

Bagaimana proses penggemukkan sapi dengan cepat? Anda bisa menggunakan mesin chopper rumput untuk menyediakan pakan dan nutrisi yang cukup. Jika Anda ingin memilih pakan tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ingat, seperti berikut.

  • Makanan harus mudah didapat.
  • Sangat bergizi dan dapat diakses kapan saja.
  • Sementara pakan tersebut memiliki jumlah nutrisi yang sama, pakan lain dapat digunakan sebagai penggantinya.
  • Tidak berbahaya, palsu, atau rusak.

4. Memilih Bibit Sapi

Sapi ternak yang baik memiliki mata yang bersih dan cerah dan tidak memiliki lendir di hidungnya. Jika ada lendir di hidungnya, itu menunjukkan bahwa sapi tersebut mengalami masalah pernapasan.

Selain itu, sapi harus diperiksa untuk memastikan bahwa kulit dan bulunya bersih dan tidak rontok, serta memastikan bahwa kukunya tidak panas saat disentuh, dan apakah ada gejala diare di dubur dan ekornya.

5. Pemberian Pakan

Sapi memerlukan pakan tertentu untuk mempercepat pertumbuhannya. Sapi harus diberikan pakan hijau bersama dengan pakan yang mengandung konsentrat seperti bekatul, kulit kacang kedelai, ampas tahu, dan kulit nanas. Namun, makanan seperti jerami, daun, tebu, dan alang-alang tidak berkualitas baik.

6. Perawatan Sapi

Untuk menjaga kekebalan tubuh sapi, vaksinasikan dan beri obat cacing. Kandang harus dibersihkan setiap hari untuk menjaga agar tetap kering dan bebas dari virus dan penyakit yang menyerang tubuh sapi.

Kandang tidak boleh terkena air hujan. Karena hal itu dapat membuat kandang sapi berbau dan lembab, dan menjadi tempat mudah bagi bakteri, virus, dan kuman penyakit.

BACA JUGA  Panduan Lengkap Beternak dan Menggali Potensi Bisnis Sapi Potong

 

Nah itulah cara beternak sapi yang baik. Beternak sapi adalah pekerjaan yang menguntungkan tetapi juga menantang, itu membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan komitmen yang besar. Selain itu, beternak sapi membutuhkan empati, tanggung jawab, dan etika yang besar. Gunakan juga mesin chopper rumput yang berkualitas untuk mempermudah penyediaan pakan sapi.