Cara Membuat Copywriting yang Menjual

Diposting pada

Ketika Anda terjun di dunia pemasaran atau promosi, entah itu berbentuk fisik atau digital, tentu Anda memerlukan skill copywriting yang baik. Hal ini dikarenakan, menarik atau tidaknya suatu promosi tersebut tergantung bagaimana sang copywriter memadukan kata-kata sehingga menggaet buyer.

Copywriting sendiri merupakan sebuah metode pembuatan materi promosi yang dapat menarik/membujuk orang-orang sesuai dengan tujuan Anda. 

Sebagai gantinya dari mempelajari skill ini, Anda akan mendapat fee yang setimpal ketika sudah menerjunkan diri di dunia kerja. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengandalkan skill ini sebagai pekerjaan sampingan (freelance). 

Skill ini dibutuhkan hampir di semua perusahaan/instansi. Karena dengan skill ini, bertujuan untuk semakin mengembangkan usaha dan memperluas pemasaran. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar membuatnya secara tepat sehingga bisa menghasilkan fee yang imbang.

Berikut ini merupakan beberapa poin tentang cara membuat copywriting yang menjual:

1. Pelajari suatu produk/layanan yang akan Anda promosikan

Langkah pertama untuk membuat copywriting yang menjual adalah dengan mempelajari produk/layanan yang akan Anda promosikan. Hal ini merupakan cara utama untuk melangkah ke cara selanjutnya. 

Untuk mempelajari suatu produk/layanan, yang perlu diketahui adalah, keunikan dari produk/layanan tersebut, fitur-fiturnya, dan juga manfaatnya untuk konsumen.

 

2. Buat headline yang menarik

Headline merupakan judul dari sebuah karya. Ketika Anda membuat promosi suatu produk/layanan, 9 dari 10 orang pertama kali melihat banner promosi tersebut adalah pada bagian judul. Oleh karena itu, buatlah judul yang semenarik mungkin agar dapat menarik orang-orang untuk mengetahui produk/layanan tersebut lebih lanjut. 

Biasanya, dalam sebuah headline memuat beberapa hal, yaitu, manfaat dari suatu produk/layanan, buat orang yang melihat tertarik, dan berikan penilaian. 

 

3. Pahami kebutuhan orang

Selanjutnya adalah, sebelum menuliskan copywriting, Anda harus memahami terlebih dahulu, apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Misalnya, perusahaan Anda menawarkan sabun pencuci mobil, tetapi konsumen Anda tak memiliki mobil, hal ini akan menjadi tidak bermanfaat bagi konsumen tersebut. 

Biasanya, dalam hal memahami konsumen ini, suatu perusahaan akan mengadakan survey yang kemudian akan diisikan oleh beberapa orang yang kedepannya akan membantu promosi Anda dalam hal copywriting.

 

4. Sertakan headline dengan lead yang menarik

Selain headline, lead juga sangat perlu diperhatikan ketika Anda menuliskan sebuah media promosi. Dari lead ini menjadi penentu, apakah orang-orang akan melanjutkan membaca tulisan Anda, atau malah sebaliknya. 

Biasanya, lead ini terletak di kalimat-kalimat pembuka. Untuk itu, Anda harus membuatnya secara jelas dan mudah dipahami agar ketika pertama kali membaca, pembaca mengerti akan gambaran singkat produk/layanan yang Anda tawarkan. 

Pada pembuatan lead, yang harus Anda perhatikan adalah, mulai dengan fakta, buat pembaca penasaran, dan juga tunjukkan rasa empati. 

 

5. Penulisan yang berkualitas

Selanjutnya, yaitu dari segi penulisan yang berkualitas. Walaupun headline dan lead menjadi part utama dalam sebuah media promosi, maka tulisan pun tak kalah pentingnya dalam hal ini. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat tulisan yang berkualitas:

  • Gunakan kata yang sederhana dan mudah dipahami
  • Usahakan pemilihan kata sesuai trend akhir-akhir ini
  • Tidak bertele-tele

 

6. Persuasi untuk akhiran

Pada akhir teks, usahakan tambah kalimat persuasi. Persuasi ini bisa Anda jelaskan adalah call to action (CTA). CTA ini berfungsi apabila pembaca ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk/layanan tersebut, akan diarahkan untuk cara selanjutnya setelah membaca media promosi Anda.

CTA ini biasa dituliskan dengan ‘daftar sekarang’, ‘beli sekarang’, ‘pesan sekarang’, dll. selain itu, menu CTA ini harus bisa memberikan manfaat dan informasi yang jelas kepada pelanggan. 

 

Itulah beberapa cara membuat copywriting yang menjual. Untuk mempelajari leboh lanjut mengenai copywriting, Anda bisa membaca dan memahami contoh copywriting yang sudah ada di internet. Dengan mempelajari contoh-contohnya, Anda akan lebih mudah membuat dan menulis copywriting yang baik.