Cara Membuat Program Perulangan dengan For PHP Dasar

Diposting pada

Cara Membuat Program Perulangan dengan For PHP Dasar Merupakan cara dimana kita ingin melakukan perulangan data pada suatu program yang mana metode ini atau logika ini banyak digunakan oleh programmer untuk mengulang sebuah angka atau kondisi.

Dilansir dari Situs Dunia Programming, Perulangan Sendiri dalam bahasa pemrograman sangat beragam, mulai dari perulangan for, perulangan while, perulangan do while dan masih banyak lagi bentuk perulangan pada bahasa pemrograman.

Namun kali ini, pembahasan perulangan yang akan kita jelaskan mengenai perulangan for, sebelum masuk ke cara bagaimana membuat perulangan for pada bahasa pemrograman PHP, berikut beberapa penjelasan mengenai Perulangan for.

 

Apa Itu Perulangan For?

Perulangan For merupakan suatu bentuk atau cara proses pengulangan aktivitas pada suatu statement atau lebih yang dilakukan secara berulang ulang-ulang sesuai dengan acuan atau perintah yang tertulis pada program.

Jadi Perulangan For digunakan agar mempermudah programmer mencapai suatu output tanpa melakukan proses coding secara manual yang terlalu banyak.

Seperti halnya contoh :

Kita dituntut untuk membuat sebuah urutan angka pada halaman website, dimana urutan angka tersebut wajib tertulis 001, 002 sampai dengan angka 999, dimana jika kita melakukan cara manual, kita akan menuliskan cara tersebut satu persatu.

Berbeda dengan ketika kita menggunakan for pada saat melakukan looping, cukup menggunakan 4 sampai 5 baris code saja, kita bisa sudah menciptakan angka hingga ribuan baris tanpa membuatnya secara manual.

Lalu bagaimanakah cara Membuat Program Perulangan dengan For PHP Dasar?

Cara Membuat Program Perulangan dengan For PHP Dasar

Cara Pertama yang harus kita lakukan adalah, menyiapkan bahannya terlebih dahulu, karena banyak dari para pemula yang belum memahami betul tentang persiapan bagaimana cara mengoperasikan atau menjalankan bahasa pemrograman PHP ini.

  • Sublime Text (Versi Terbaru)
  • XAMPP (Versi Terbaru)
  • Browser (Google Chrome, Firefox, Internet Explorer)
BACA JUGA  Mengungkap Harga dan Perbaikan Gadget Ikonik

Setelah Semuanya sudah disiapkan, install semua software yang sudah anda download tadi, kemudian jalankan xampp-control.exe pada folder C:\\xampp, Kemudian Start Apache dan MySQL agar bisa menjalankan pemrograman PHP.

Setelah itu, buka Sublime Text yang sudah kalian download dan install tadi, kemudian buat folder project dengan cara, Klik Menu File > Open Folder.

Kemudian Klik Lokasi folder xampp/htdocs dan buat folder sebagai project pertama kita untuk menjalankan program for yang ingin kita buat. Setelah itu klik Select Folder.

Setelah itu, buat file pada folder yang sudah kita pilih tadi dengan cara klik kanan pada folder project di sublime text, kemudian new file, setelah itu tekan ctrl + s dan simpan dengan nama index.php.

Kemudian lakukan Proses pengkodingan di bawah ini :

    for ($i=1; $i <= 100; $i++) { 

      echo $i;

      echo "

";

    }

?>

Setelah itu simpan code diatas, dan kemudian jalankan coding diatas dengan cara, buka browser, kemudian ketikkan alamat localhost/namafolder, pastikan Apache dan MySQL sudah kalian start ya.

 

Dan hasilnya akan tampil urutan angka dari angka 1 sampai dengan 100, Demikian Penjelasan Mendetail Mengenai Perulangan FOR, Semoga Bermanfaat.