Cara Memulai Homeschooling Untuk Anak Anda

Diposting pada

Homeschooling membutuhkan banyak disiplin diri dan komitmen tetapi hasilnya sepadan. Pendidikan pada sekolah rumah dapat menghasilkan anak-anak yang percaya diri, mudah menyesuaikan diri, dan cukup seimbang dalam pengetahuan maupun keterampilan. Setelah Anda memutuskan bahwa homeschooling adalah cara Anda ingin anak-anak Anda dididik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Setiap negara memiliki undang-undang sendiri tentang homeschooling. Anda harus melihat persyaratan negara Anda untuk yakin bahwa Anda akan mematuhi undang-undang di negara Anda. Anda harus memahami hukum negara Anda tentang homeschooling dan menentukan apakah Anda perlu mengajukan pernyataan tertulis kepada departemen pendidikan dan kebudayaan terkait keinginan anda untuk homeschooling sendiri putra dan putri Anda. Anda mungkin juga diwajibkan mencatat dan melaporkan kemajuan pendidikan anak Anda. Bagian penting dari homeschooling adalah pencatatan. Pilih metode yang akan membantu Anda menyimpan catatan dengan konsisten dan akurat. Jika memang kesulitan untuk mengajar sendiri anak Anda, lebih baik jika Anda menggunakan jasa dari lembaga homeschooling yang sudah diakui pemerintah seperti Homeschooling Shine Surabaya. Jadi anda tidak perlu kesusahan lagi melakukan pencatatan dan melaporkannya pada departemen pendidikan dan kebudayaan.

Pemilihan kurikulum sangat penting. Anda bisa berkreasi dalam memilih dan menentukan kurikulum homeschooling, tetapi temukan kurikulum yang paling sesuai dengan anak Anda. Ketahuilah bahwa beberapa negara mewajibkan kualifikasi pendidikan minimum untuk mereka yang menjadi guru, termasuk Anda jika Anda memutuskan mengajar sendiri. Ada banyak program, alat dan bahan pengajaran untuk dipilih. Internet adalah sumber yang baik untuk menentukan pilihan kurikulum Anda. Anda dapat melibatkan anak-anak Anda dalam beberapa pilihan agar mendorong mereka lebih terlibat dalam proses belajar mengajar. Saat Anda mengatur jadwal, ingatlah untuk mengutamakan keseimbangan antara waktu belajar outdoor dan waktu belajar di rumah. Lamanya waktu belajar per hari terserah Anda, Anda tidak harus menjadwalkan 6-7 jam sehari. Meskipun homeschooling memungkinkan fleksibilitas, pastikan juga anda mempertimbangkan usia anak Anda dan target-target yang harus mereka capai sesuai usai mereka. 

Kelompok pendukung / komunitas homeschooling akan menjadi aset yang sangat berharga untuk terus memberi Anda informasi dan mendorong Anda dalam upaya Anda. Kelompok pendukung terdiri dari orang-orang yang memiliki komitmen yang sama untuk mendidik anak-anak Anda di luar pilihan pendidikan tradisional. Kelompok pendukung dapat memberikan kesempatan penting untuk kebutuhan sosialisasi anak Anda. Banyak komunitas homeschooling ini yang juga mengatur acara, kunjungan lapangan, dan memberikan kesempatan olahraga bersama-sama. Komunitas ini dapat membuat anak Anda tetap terhubung dengan anak-anak lain selama tahun-tahun sekolah rumah.

Pilihan untuk homeschooling akan memungkinkan Anda menjadi kreatif dan fleksibel, tetapi pada saat yang sama akan membutuhkan banyak disiplin diri dan kerja keras dari pihak Anda.

Pastikan untuk menentukan aturan dasar sehingga Anda akan berhasil mencapai tujuan Anda untuk anak Anda. Patuhi undang-undang negara dan ketentuan-ketentuan dari departemen pendidikan dan kebudayaan sehingga Anda dapat memenuhi semua persyaratan. Metode homeschooling, jenis kurikulum dan sumber daya yang Anda pilih harus dipertimbangkan dengan cermat. Ingat internet adalah sumber yang bagus untuk menemukan materi-materi pembelajaran yang tersedia. Setelah Anda memilih jenis kurikulum dan Anda siap untuk memulai, ingatlah untuk berkomitmen untuk melakukan pencatatan yang akurat. Ini akan sangat membantu saat Anda harus mengumpulkan dokumentasi untuk portofolio akhir tahun Anda, bila anda memutuskan mengajar sendiri putra-putri anda di rumah, tanpa melibatkan lembaga resmi homeschooling.