Cara Menanam Bengkuang

Diposting pada

Bengkuang dikenal dengan segala manfaat pentingnya bagi kesehatan serta kecantikan tubuh dan wajah bagi para wanita. Tak heran bila sebagian masyarakat lebih memilih untuk mempelajari cara menanam bengkuang di rumah agar bisa merasakan manfaatnya sendiri tanpa harus membeli.

Selain membawa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, bengkuang juga dikenal sangat enak jika dijadikan sebagai bahan dasar makanan seperti halnya rujak buah, sup buah, es buah, manisan dan masih banyak lagi.

Cara Menanam bengkuang

Memilih Benih Buah bengkuang

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah memilih benih bengkuang yang berkualitas dan pastinya layak untuk ditanam. Caranya, Anda perlu mencari referensi dari orang terpercaya dan juga ahli dalam pemilihan benih yang memiliki kualitas baik.

Cara lain bisa dilakukan dengan memilih bengkuang yang tak ada cacat alias sehat, kemudian rawat tanamannya dan biarkan bunganya menjadi polong. Setelah polongnya cukup tua, Anda dapat memetiknya dan menyimpannya di tempat sejuk, selain itu bisa juga mengambil dari benih umbinya.

Bibit Bengkuang

Selanjutnya ialah proses pembibitan. Langkah ini dilakukan agar mendapatkan tanaman buah bengkuang yang memiliki kualitas tinggi dengan menghasilkan buah yang sangat baik.

Pertama-tama, siapkan benihnya lalu buka kulit polongnya, sediakan wadah baskom dan isilah dengan air. Kemudian rendam benih bengkuangnya selama 12 jam saja, selagi menunggu dapat melanjutkan proses lain yaitu membuat media semainya dengan menggunakan tanah yang telah bercampur pupuk kandang, letakkan tanah ke polybag lalu buat lubang, masukkan benih, tutup lubangnya.

Membuat Media Tanam

Setelah selesai dalam urusan bibit bengkuang, kini saatnya membuat media tanamnya. Pertama-tama persiapkan lahan tanamnya, lalu cangkul tanahnya dan langsung lakukan penggemburan tanah. Kemudian buat bedengan dengan lebar 1 m dan tinggi 25 cm.

Sesuaikan bedengan dengan kontur dari tanah serta jarak antar bedengannya sekitar 40 hingga 50 cm, lalu sebar pupuk kandang secara merata dan buatlah lubang tanam dengan kedalaman 7 cm dan jarak setiap lubangnya 25 cm, masukkan bibitnya lalu tutup dengan tanah bercampur pupuk, padatkan supaya bibitnya berdiri kokoh.

Begitulah beberapa cara menanam bengkuang dengan baik dan benar. Agar penanamannya berjalan secara lancar, Anda perlu memperhatikan dan mempraktikkan cara tersebut dengan seksama supaya nantinya buah bengkuang dapat tumbuh subur.

Sumber: https://www.kebun.co.id/