Cara Mencerahkan Foto Melalui Aplikasi Edit

Diposting pada

Kok hasil fotonya gelap sih? Gimana ya cara mencerahkan foto yang gelap? Kamu bisa gak? Terkadang perkara seperti ini menjadi masalah bagi mereka yang kurang puas dengan hasil jepretan kamera, salah satunya seperti terlalu gelap di bagian cahayanya.

Keterbatasan skill memfoto bisa menjadi persoalan yang dapat dialami oleh siapapun itu. Terlebih jika mengambil gambar dengan menggunakan HP yang fiturnya sangat terbatas.

Foto yang terlalu gelap atau kekurangan cahaya, bisa membuat hasil dari foto tersebut kurang maksimal, alhasil kita tidak jadi mengabadikan foto tersebut di sosial media.

Sebagai contoh seperti ini. Misal, kamu berkeinginan untuk mengambil foto pemandangan. Tapi, setelah melihat hasil dari foto tersebut, ternyata masih ada bagian yang kurang memuaskan di bagian cahayanya. Permasalahan seperti ini sering terjadi bukan?

Kurang jago mengambil foto? Yap, itu sih sebenarnya bukan persoalan yang besar dan masih bisa diatasi. 

Wah kok bisa? Gimana caranya? Gampang banget! Perkembangan teknologi pun semakin pesar, banyak aplikasi-aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan foto yang pencahayaannya kurang begitu terang.

Berikut aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan foto yang gelap.

Aplikasi Mencerahkan Foto

Sebenarnya banyak aplikasi yang saat ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan mengedit foto seperti mencerahkan cahaya. Tapi pada dasarnya, yang penting itu aplikasi tersebut mempunyai kelengkapan fitur yang bisa digunakan.

Salah satu contohnya seperti fitur pengaturan cahaya, dan kontras.

Untuk mempersingkat waktu, di sini saya akan mengulas tentang bagaimana cara mencerahkan foto melalui beberapa aplikasi yang sering digunakan oleh fotografer di seluruh dunia.

Jangan lupa kunjungi situs kuoatabro untuk mengetahui informasi terbaru tentang teknologi.

Adobe Photoshop

Seperti yang telah diketahui bahwa Adobe Photoshop merupakan aplikasi yang dibuat untuk keperluan edit foto.

Fitur di dalamnya pun sangat lengkap, mulai dari pencahayaan, kontras, bayangan, ketebalan dan lain sebagainya.

Nah jika kamu mendapati permasalahan foto, ataupun hasil foto yang kamu jepret itu hasilnya kurang memuaskan, Adobe Photoshop bisa kamu manfaatkan untuk mengedit, misal mencerahkan foto yang pencahayaannya kurang terang.

Lightroom

Selain dari Adobe Photoshop, Lightroom juga merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit sebuah foto. Aplikasi ini sangat populer di kalangan Android dan iOs. Banyak orang-orang yang menggunakan Lightroom untuk kebutuhannya.

Cara penggunaannya pun lebih simpel apabila dibandingkan dengan Adobe Photoshop, mungkin itulah alasan kenapa orang-orang banyak yang menggunakan Lightroom.

Fungsi dari Lightroom sendiri untuk mengedit foto-foto tertentu, termasuk dengan mengatur pencahayaan dan saturasi warna dari foto tersebut.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa langsung mendownloadnya melalui Play Store ataupun AppStore.

Selain itu, aplikasi Lightroom sendiri ada dua varian yang berbeda. Diantaranya yang reguler dan premium.

Snapseed

Setiap orang memang beda-beda dalam mengedit foto, entah itu dari cara atau aplikasi yang digunakan. Dari berbagai macam aplikasi edit foto, Snapseed merupakan salah satu aplikasi yang juga sering digunakan untuk mengedit foto.

Mungkin bagi teman-teman yang merasa kebingungan bagaimana cara mencerahkan foto yang gelap, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencerahkan bagian foto yang memang perlu dirubah pencahayaannya.

Untuk penggunaannya pun sangat simpel dan juga mudah digunakan oleh para pemula. Di dalamnya banyak fitur yang lagi-lagi bisa digunakan untuk keperluan editing foto, salah satunya seperti fitur penerangan yang digunakan untuk mencerahkan foto.

Mungkin sekian ulasan kali ini mengenai cara mencerahkan foto melalui aplikasi edit foto, semoga bermanfaat ya.