Cara Menyangrai Biji Kopi Di Rumah yang Benar dan Mudah

Diposting pada

Salah satu proses penting dalam membuat kopi yang nikmat dan berkualitas adalah menyangrai biji kopi. Menyangrai biji kopi dapat mengubah rasa, aroma, warna, dan tekstur kopi yang dihasilkan, serta kandungan kafein, asam, dan minyak esensial dalam biji kopi. Agar hasilnya sesuai dengan selera dan kebutuhan kita, menyangrai biji kopi membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan peralatan yang tepat.

cara menyangrai biji kopi

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Untuk menyangrai biji kopi, kita membutuhkan bahan dan alat berikut :

1. Biji Kopi Mentah (green bean) yang Berkualitas

Pilih biji kopi mentah yang segar, utuh, dan bebas dari kotoran atau jamur. Biji kopi mentah biasanya berwarna hijau kekuningan atau keabu-abuan, dan dapat dibeli secara online atau di toko kopi tradisional.

2. Alat Sangrai Biji Kopi

Alat sangrai biji kopi yang baik harus menghasilkan panas yang merata, sirkulasi udara yang baik, dan mudah diatur, serta mudah digunakan, mulai dari yang sederhana seperti wajan, oven, atau penggorengan listrik hingga yang lebih canggih seperti mesin sangrai kopi (roaster) yang dilengkapi dengan termometer, timer, dan pengatur suhu. Anda juga bisa menggunakan Mesin sangrai kopi untuk menyangrai biji kopi dengan mudah.

3. Alat Pendingin Biji Kopi

Setelah biji kopi disangrai, harus segera didinginkan agar tidak matang dan rusak. Alat pendingin biji kopi dapat berupa saringan, loyang, atau nampan yang diletakkan di atas kipas angin. Alat ini harus menyebarkan panas dengan cepat dan menghilangkan kulit ari, atau chaff, yang tersisa di antara biji kopi.

4. Wadah Penyimpanan Biji Kopi

Biji kopi harus disimpan di tempat yang gelap, kering, dan terlindung dari udara, cahaya, dan air yang dapat merusak kualitasnya setelah didinginkan. Toples logam, kaca, atau plastik dapat digunakan untuk menyimpan biji kopi.

BACA JUGA  Kenali Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler, Jangan Sampai Salah Pilih!

Langkah-langkah Menyangrai Biji Kopi

Setelah menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan, Anda dapat mulai menyangrai biji kopi :

1. Timbang Biji Kopi Mentah Sesuai dengan Kapasitas Mesin Sangrai

Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan menyangrai biji kopi terlalu banyak atau terlalu sedikit, alat sangrai biasanya dapat menampung antara 100-500 gram biji kopi mentah.

2. Panaskan Alat Sangrai Biji Kopi Hingga Mencapai Suhu yang Diinginkan

Suhu yang ideal untuk menyangrai biji kopi adalah antara 180 dan 230 derajat Celcius. Biji kopi akan matang lebih cepat, tetapi juga lebih mudah gosong jika digunakan pada suhu yang lebih rendah. Suhu harus disesuaikan dengan jenis dan tingkat kematangan biji kopi.

3. Masukkan Biji Kopi Mentah Ke Dalam Alat Sangrai dan Aduk Secara Teratur

Tergantung pada tingkat kematangan biji kopi, warnanya dapat berubah dari hijau menjadi kuning, cokelat, atau hitam.

Selain itu, biji kopi mentah mungkin mengeluarkan suara kretek, juga dikenal sebagai crack, satu atau dua kali, yang menunjukkan tahap perubahan kimia yang terjadi dalam biji kopi.

4. Angkat Biji Kopi dari Sangrai SetelahSampai Pada Tingkat Kematangan

Angkat biji kopi dari sangrai sesuai dengan kematangan yang diinginkan, jangan menunggu terlalu lama karena biji kopi masih matang setelah dikeluarkan dari sangrai. Jika biji kopi terlalu matang, rasa dan aromanya akan hilang atau berubah menjadi tidak enak.

5. Pindahkan Biji Kopi Ke Alat Pendingin

Pindahkan biji kopi ke kotak pendingin dan biarkan suhu turun hingga 40-50 derajat Celcius. Agar pendinginan lebih cepat dan merata, aduk biji kopi secara teratur. 

6. Simpan Biji Kopi Didalam Wadah Penyimpanan

Biji kopi harus disimpan di dalam wadah yang telah disiapkan, tutupnya rapat, dan letakkan di tempat yang sejuk, gelap, dan kering. Biji kopi dapat merusak kualitasnya jika disimpan di freezer atau lemari es.

BACA JUGA  Ekspedisi Jakarta-Pekanbaru: Solusi Terbaik Pengiriman Barang Anda

Saat biji kopi baru disangrai, biasanya membutuhkan waktu sekitar dua belas hingga dua puluh dua jam untuk mencapai kondisi yang stabil dan siap untuk diseduh. Selain itu, biji kopi dapat bertahan hingga dua hingga empat minggu sebelum kehilangan rasa dan aromanya.

 

Itulah cara menyangrai biji kopi. Menyangrai biji kopi sendiri di rumah dapat memberikan kepuasan tersendiri dan membuat kita lebih menghargai setiap cangkir kopi yang kita nikmati. Proses ini membutuhkan alat, bahan, dan langkah-langkah yang tepat agar hasilnya sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Jika Anda ingin menyangrai biji kopi dengan mudah Anda bisa menggunakan Mesin sangrai kopi untuk menyangrai biji kopi dengan mudah. Semoga Anda berhasil!