Cara Pilih Indukan Kelinci yang Baik

Diposting pada

Memilih indukan kelinci misalnya indukan kelinci german giant yang baik bisa dikatakan pekerjaan susah-susah gampang. Indukan kelinci merupakan faktor paling penting saat ingin beternak kelinci. Untuk syarat beternak kelinci ini bisa tergantung tujuan dari memelihara kelinci itu.

Ada dua tujuan untuk beternak kelinci. Pertama agar mendapatkan kelinci dengan bulu yang indah bisa memilih jenis angora, rex dan american chinchilla. Sedangkan tujuan beternak kelinci pedaging dapat memilih jenis kelinci flemish giant, havana, dan new zealand.

Berikut ini beberapa cara yang tepat untuk memilih indukan kelinci yang baik dan bisa kamu coba, sebagai berikut:

1.       Melihat kesehatan kelinci

Ciri kelinci yang bagus memilih tubuh sehat, bentuk badan yang bagus, kaki lurus tidak bengkok, bulu yang mengkilap, telinga bisa tegak dan mata yang bersinar. Memiliki penampilan umum yang tegap dan gerakan kelinci yang gesit dan lincah.

2.       Kemampuan reproduksi

Ada kelinci betina yang mampu melahirkan sebanyak 10 ekor atau bahkan bisa lebih. Tetapi juga ada induk kelinci yang hanya bisa melahirkan sebanyak 4 bahkan 2 ekor saja. Kemampuan tersebut memang bisa dikatakan bersifat keturunan atau pengaruh faktor luar misalnya kesehatan dan kondisi lingkungan. Hal tersebut ada sisi negatif dan positifnya.

Induk kelinci yang mampu melahirkan banyak anak belum tentu hal yang bagus sebab dengan banyaknya anak tersebut maka juga perlu perhatian lebih bagi sang induk untuk merawatnya. Maka tidak heran bila kadang ada anak kelinci yang mati sebab induknya yang tidak dapat menyusui seluruh anaknya.

Tetapi bila melahirkan terlalu sedikit maka juga akan merugikan kita yang menjadi pemeliharanya. Indukan kelinci yang ideal sebaiknya melahirkan 8 anak saja agar semua anaknya dapat disusui oleh induknya.

3.       Umur kelinci

Indukan kelinci yang bagus untuk dipelihara sebaiknya berusia 35 hari atau sudah berusia 60 hari. Anakan kelinci berusia segitu sudah dapat dipisah dengan induknya dan sudah bisa disapih. Sebab bila anak kelinci masih berusia kurang dari 35 hari masih sangat membutuhkan susu dari induknya. Dengan memilih usia yang ideal tersebut juga bisa menghindari kematian kelinci secara dini.

Usaha peternakan kelinci bisa sukses bila memilih indukan yang sehat, produktif baik untuk jantan maupun betina. Karakter dari kelinci juga harus sesuai standar dan ukurannya juga sesuai dengan ras nya. Pilih indukan kelinci yang masih muda yang masih dalam keadaan produktif.