Daftar Lengkap gaji Gaji Satpol PP Terbaru 2022

Diposting pada

Di setiap daerah di Indonesia memiliki gaji satpol pp yang berbeda-beda. Biasanya besaran upah tersebut ditentukan berdasarkan tingkat jabatan yang dimiliki. Hingga saat ini profesi tersebut masih banyak peminatnya karena statusnya sebagai Pegawai negeri sipil.

 

Mengenal Lebih Dekat Profesi Satpol PP

Perlu diketahui bahwa polisi pamong praja awalnya mulanya didirikan di Yogyakarta. Dengan tujuan sebagai wadah pemerintah daerah untuk menegakkan peraturan, penyelenggara ketertiban dan ketentraman masyarakat di wilayah hukum tersebut. Lalu berapa gajinya?.

Di dalam menjalankan tugas pokoknya satpol-pp berpedoman kepada peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2010. Sedangkan fungsinya yaitu pelaksana perlindungan masyarakat. Tidak hanya itu profesi ini juga bertugas mengkoordinasi penegakan Perda.

Namun tugas utama dari satpol pp yaitu menegakkan peraturan daerah, menyelenggarakan ketertiban umum, pelindung ketentraman masyarakat dan pengawasan terhadap aparatur. Dengan tujuan agar mematuhi peraturan yang sudah dibuat. Sudah paham kan?

Besaran Gaji Polisi Pamong Praja?

Sebelum mengetahui besar gaji satpol pp. Penting untuk diketahui bahwa profesi ini sudah ada sejak zaman VOC. Dimana pada saat itu polisi pamong praja ini bertugas untuk memelihara ketertiban dan ketentraman penduduk dari serangan tentara Inggris.

Satpol pp sendiri berdasarkan jabatannya dikelompokkan menjadi 4. Maka dari itu bisa dipastikan bahwa besaran gaji yang diperoleh setiap masing-masing orang akan berbeda-beda. Berikut besaran upah yang diterima polisi pamong praja setiap bulan untuk wilayah Jakarta.

Jabatan

Gaji perbulan

Eselon 3

Rp 10.550.000

Eselon 4

Rp 6.560.000

Staf

Rp 5.850.000

Eselon 1

Rp 50.000.000

Eselon 2

Rp 28.000.000

Keuntungan lainnya yang bisa diperoleh ketika menjadi Polisi pamong praja yaitu tidak hanya memperoleh gaji pokok saja. Tetapi berkesempatan juga untuk mendapatkan tunjangan yang besarnya ditentukan berdasarkan jabatan fungsional dan keterampilan. Apakah mulai tertarik untuk bergabung?.

BACA JUGA  Rahasia Sukses Membangun Usaha Minyak Atsiri

Perlu diketahui bahwa polisi pamong praja yang masih berstatus honorer. Besar gaji satpol pp akan disamakan dengan umum UMR masing-masing daerah. Dalam menjalankan tugasnya profesi ini juga memiliki resiko yang tinggi, maka dari itu perlu memiliki asuransi.

Sumber: gajiperbulan.com