Fungsi Blow Off

Diposting pada

Buat kalian pecinta film fast and furious, pasti sering mendengar suara desis seperti siulan di mobil yang di bawa ngebut. Bunyi itu terdengar cuss…. cuss yang terdengar nyaring saat memindahkan gigi apalagi di saat ngebut. Nahh bunyi tersebut sering di temui di mobil – mobil bermesin turbo.

Bunyi tersebut berasal dari blow off valve. Model blow off valve berbeda – beda dan begitu juga suara yang dikeluarkan pasti berbeda. Di sini kita akan menjelaskan tentang blow off dan cara kerjanya, seperti berikut ini:

APA ITU BLOW OFF VALVE??

Blow off valve adalah komponen pengamanan tekanan udara untuk mobil bermesin turbo. Blow off valve terletak di saluran udara masuk yang berada di antara turbo dan throttle valve.

Blow off memiliki fungsi membuang kelebihan tekanan udara yang ada di turbo karena tertutupnya throttle valve, yang terjadi di saat memindahkan gigi dan di saat pedal gas dilepas. Nahh itu kenapa terjadinya suara mendesis.

Tidak semua mobil turbo ada blow off valvenya sehingga banyak toko – toko yang menjual blow off valve. Seperti, HKS, GReddy, Turbosmart, Turbonetics, dan lain – lain. Blow off valve dirancang untuk menghentikan gelombang yang mengalir ke turbo di saat menutup throttle valve. 

Turbo memutar turbin menggunakan gas buang yang di gabungkan dengan impeller lain dan memaksa udara masuk.

BLOWOFF/BLOW OFF GREDDY FV (UNTUK MESIN TURBO) di Lapak MJ Autoshop |  Bukalapak

BAGAIMANA CARA KERJA BLOW OFF VALVE??

Blow off valve di dalamnya terdapat piston yang di belakangnya ada pegas penahan, Pegas penahan ini lah yang mendorong piston menutup lubang yang ada di udara luar. Di saat throttle valve terbuka tekanan udara turbo masuk ke dalam ruang bakar mesin. Di saat ini lah tidak adanya tekanan udara di depan throttle valve yang menyebabkan tekanan udara tidak mendorong piston blow off valve.

Throttle valve tertutup di saat melepas pedal gas dan memindahkan gigi maka udara yang ada di turbo berkumpul di depan piston blow off valve yang menyebabkan piston ke atas dan membuka lubang udara luar.

Nahh di saat ini lah tekanan udara mengeluarkan suara berdesis. Ketika tekanan udara di depan throttle valve berkurang, maka piston didorong oleh pegas yang akan menutup lubang udara keluar.

Penting ga sih di pasang blow off valve??

Untuk turbo yang rendah dari bawaan pabriknya tidak direkomendasikan tetapi masih banyak juga yang ingin memasang blow off valve di mobilnya. Kenapa di pasang?? Karena banyak yang memasang untuk mencegah turbo surge dan jadi lebih awet. Ada juga yang karena suka sama suaranya.

Semua pilihan tergantung masing – masing individu, dan untuk memasang blow off tidak ada efek negatifnya.

Nahh itu dia penjelasan tentang blow off valve dan cara kerjanya. Buat kalian yang sedang mencari blow off valve untuk mobil kalian bisa mencarinya di jual blowoff di medan disana akan banyak blow off yang sesuai dengan kebutuhan mobil kalian dan juga bisa langsung dipasang.

Terimakasih… Stay safe yaa.