Gaji Staff Penerbangan Lion Air 2023

Diposting pada

Mencari informasi tentang gaji staff penerbangan? Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kami akan membahas tentang gaji staff penerbangan, tunjangan yang diterima, tugas dan tanggung jawab staff penerbangan, serta cara menjadi staff penerbangan yang kami kutip dari dinaspajak. Menjadi seorang staff penerbangan bisa menjadi pilihan karir yang menarik, terutama bagi mereka yang memiliki minat dalam industri penerbangan. Selain itu, profesi ini juga menawarkan peluang karir yang luas dan penghasilan yang menarik. Jadi, mari kita mulai dengan membahas gaji staff penerbangan.

Gaji Staff Penerbangan

Staff penerbangan merupakan profesi yang melibatkan berbagai jenis pekerjaan dan tanggung jawab. Oleh karena itu, gaji staff penerbangan juga bervariasi tergantung pada jabatan dan tanggung jawab yang dimiliki. Secara umum, gaji staff penerbangan berkisar antara Rp4.800.000 hingga Rp22.000.000 per bulan. Namun, perlu diingat bahwa angka ini hanya perkiraan dan dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor seperti pengalaman kerja, tingkat pendidikan, dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Gaji Staff Bandara

Salah satu profesi dalam staff penerbangan adalah staff bandara. Staff bandara bertanggung jawab untuk menjalankan berbagai tugas terkait operasional bandara, seperti baggage handling, cargo services, loading dan unloading pesawat, dan lainnya. Gaji staff bandara berkisar antara Rp4.800.000 hingga Rp8.000.000 per bulan.

Gaji Pramugari

Profesi pramugari juga merupakan salah satu profesi populer dalam staff penerbangan. Pramugari bertugas untuk memberikan pelayanan kepada penumpang selama penerbangan. Gaji pramugari berkisar antara Rp6.000.000 hingga Rp13.000.000 per bulan, tergantung pada pengalaman dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Gaji Flight Operation Officer (FOO)

Flight Operation Officer (FOO) adalah profesi dalam staff penerbangan yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi operasional penerbangan. Gaji FOO berkisar antara Rp7.500.000 hingga Rp16.000.000 per bulan, tergantung pada pengalaman dan perusahaan tempat mereka bekerja.

BACA JUGA  Kualifikasi untuk Jabatan Perencana Bisnis

Gaji ATC

Air Traffic Controller (ATC) adalah profesi dalam staff penerbangan yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi lalu lintas udara. Gaji ATC berkisar antara Rp8.000.000 hingga Rp22.000.000 per bulan, tergantung pada pengalaman dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Tunjangan Staff Penerbangan

Selain gaji pokok, staff penerbangan juga mendapatkan tunjangan-tunjangan tertentu. Tunjangan tersebut bisa berupa tunjangan jabatan, tunjangan transportasi, tunjangan makan, THR, dan lainnya. Jumlah tunjangan yang diterima juga bervariasi tergantung pada jabatan dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Staff Penerbangan

Staff penerbangan terdiri dari berbagai profesi yang berperan penting dalam operasional penerbangan. Selain profesi yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat banyak profesi lainnya dalam staff penerbangan, seperti teknisi pesawat, petugas ground handling, petugas kebersihan pesawat, dan lainnya. Setiap profesi memiliki tanggung jawabnya masing-masing dan berkontribusi dalam keberhasilan penerbangan.

Tugas Staff Penerbangan

Tugas staff penerbangan bervariasi tergantung pada profesi dan jabatan yang mereka miliki. Sebagai contoh, staff bandara bertanggung jawab untuk menjalankan tugas-tugas operasional di bandara seperti baggage handling, cargo services, dan loading serta unloading pesawat. Pramugari bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang selama penerbangan, sedangkan FOO dan ATC bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi operasional penerbangan.

Cara Menjadi Staff Penerbangan

Untuk menjadi staff penerbangan, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Minimal, calon staff penerbangan harus lulus SMA atau sederajat. Selain itu, latar belakang pendidikan penerbangan juga menjadi nilai tambah. Kemampuan komunikasi yang baik, penampilan menarik, dan kesehatan jasmani dan rohani yang baik juga menjadi faktor penting dalam menjadi staff penerbangan.

Sekolah Staff Penerbangan

Jika Anda tertarik untuk menjadi staff penerbangan, terdapat beberapa sekolah staff penerbangan yang dapat diikuti. Beberapa sekolah tersebut antara lain adalah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD), Flight Attendant and Airline Staff Training (FAAST), P3 Nusantara, dan masih banyak lagi. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

BACA JUGA  Dampak Lingkungan Briket Batu Arang Kelapa: Emisi & Pengurangan Limbah

Biaya Sekolah Penerbangan

Namun, perlu diingat bahwa biaya sekolah penerbangan bervariasi tergantung pada institusi yang Anda pilih. Umumnya, biaya sekolah penerbangan cukup besar dengan rata-rata sekitar Rp20.000.000 hingga Rp25.000.000 per semester. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengikuti sekolah penerbangan, pastikan Anda telah mempertimbangkan faktor biaya tersebut.

 

Dalam kesimpulan, menjadi staff penerbangan adalah pilihan karir yang menarik dengan peluang karir yang luas dan penghasilan yang menarik. Gaji staff penerbangan berkisar antara Rp4.800.000 hingga Rp22.000.000 per bulan, tergantung pada jabatan dan tanggung jawab. Staff penerbangan juga mendapatkan tunjangan-tunjangan tertentu, seperti tunjangan jabatan, transportasi, THR, dan tunjangan makan. Tugas staff penerbangan bervariasi tergantung pada profesi dan jabatan yang mereka miliki. Untuk menjadi staff penerbangan, minimal harus lulus SMA, memiliki latar belakang pendidikan penerbangan, kemampuan komunikasi yang baik, penampilan menarik, serta kesehatan jasmani dan rohani yang baik. Terdapat beberapa sekolah staff penerbangan yang dapat diikuti, namun perlu diingat bahwa biaya sekolah penerbangan cukup besar. Jadi, jika Anda tertarik untuk menjadi staff penerbangan, pastikan Anda telah mempertimbangkan semua faktor yang terkait.