Hasil Rekaman Suara Kurang Oke? Cobain 3 Aplikasi Edit Suara Android Terbaik

Diposting pada

Sebagai seorang konten kreator, melakukan editing video dan menggabungkannya dengan beberapa file audio atau suara adalah hal yang sangat biasa dilakukan. Masalah yang paling umum ditemukan adalah permasalahan pada file audio. Biasanya entah karena terlalu banyak noise, suara terlalu pelan, atau beberapa lainnya.

Tentu saja jika mengharuskan untuk melakukan ulang proses perekaman suara akan sangat merepotkan. Apalagi jika untuk mengambil stock suara tersebut hanya bisa dilakukan pada momen tertentu. Oleh karena itu, beberapa developer android akhirnya menciptakan beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu untuk memperbaiki kualitas audio yang sudah ada.

Pada kesempatan ini, blog ladensia telah merangkum beberapa aplikasi berdasarkan rekomendasi dari salah satu blogger teknologi

 1. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor merupakan pilihan tepat jika kamu sedang mencari aplikasi untuk mengolah file suara yang kamu miliki agar menjadi lebih bagus. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini memiliki beberapa fitur unggulan, seperti noise reduction yang berfungsi untuk mengurangi suara mengganggu, mengatur tingkat level suara, memberikan efek seperti fade in atau fade out, dan beberapa lainnya.

Aplikasi ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di Google Plays Store, yaitu empat bintang lebih dengan total pengguna lebih dari lima juta pengguna. Jika kamu menggunakan fitur trial aplikasi ini, kamu tetap bisa menggunakan keseluruhan fitur dari versi berbayar lho. Tetapi sayangnya, jika kamu ingin menyimpan file tersebut ke dalam format MP3, kamu harus meningkatkan level pengguna ke versi premium.

2. WavePad Master’s Edition

WavePad

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan aplikasi edit suara di PC, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi keluaran dari Adobe, yaitu Adobe Audition. WavePad merupakan aplikasi yang mengklaim dan menjanjikan pengguna dapat melakukan proses edit suara secara profesional layaknya pada aplikasi PC.

Tidak hanya dapat menghilangkan suara-suara mengganggu pada background, WavePad juga mampu meningkatkan kualitas suara menjadi lebih baik dengan beragam efek yang bisa digunakan. Selain itu, merekam suara secara langsung dengan aplikasi ini juga bisa kamu coba. Untuk bisa menggunakan aplikasi WavePad Master’s Edition, kamu harus melakukan pembelian senilai 209.000.

3. Timbre

Timbre

Tidak mau repot karena terlalu sering berganti-ganti aplikasi? Untungnya pada aplikasi Timbre, kamu bisa melakukan edit video dan edit suara sekaligus hanya dengan satu aplikasi yang sama. Aplikasi yang sudah didownload lebih dari 1 juta pengguna ini menawarkan fitur secara gratis untuk melakukan edit video dan audio, seperti melakukan pemotong, melakukan konversi, atau menggabungkan beberapa file.

Fitur-fitur lainnya untuk pemrosesan suara yang bisa kamu lakukan disini, antara lain: memotong file audio ke dalam dua bagian terpisah, sehingga file ini bisa diatur posisinya. Jika kamu ingin mengubah bitrate pada file audio juga bukan suatu hal yang tidak mungkin jika dilakukan menggunakan Timbre. 

Tidak hanya itu, pada fitur video, beberapa fitur dasar editing juga bisa kamu temukan disini. Pemberian efek video, atau bahkan melakukan proses kompres video bisa dilakukan menggunakan aplikasi Timbre. Timbre bisa kamu download dalam versi gratis maupun berbayar secara resmi di Google Play Store.

Dengan berkembangnya teknologi, kemudahan bisa didapatkan, salah satunya dalam hal edit audio. Jadi, jika kamu ingin mengedit audio sederhana, kamu bisa langsung melakukannya di hp melalui tiga aplikasi rekomendasi kami di atas.