Ide Usaha Sampingan Online dan Cara Menjalankannya

Diposting pada

Belakangan ini, banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha sampingan online. Usaha online memiliki banyak keuntungan karena bisa jangkau lebih luas, beroperasi lebih hemat biaya, dan memiliki risiko yang rendah. Namun, terkadang menghadapi tantangan bagi para pemula untuk memulai usaha sampingan online, terutama bagi mereka yang pemula, karena tidak punya ide untuk memulai.

Berikut ini adalah beberapa ide untuk menemukan peluang usaha sampingan online bagi pemula:

1. Lakukan Riset Pasar

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ide usaha online yang bagus adalah melakukan riset pasar. Lihat apa yang diinginkan masyarakat dan cari tahu bagaimana Anda dapat bersaing dengan produk atau layanan yang tersedia di pasar.

2. Beroperasi Secara Remote

Dengan beroperasi secara remote, Anda dapat menghemat biaya dan waktu. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengendalikan usaha Anda dari mana saja. Anda bahkan bisa bekerja dari taman saat cuaca cerah.

3. Tingkatkan Persaingan Rendah

Carilah market dengan persaingan rendah agar kamu dapat bersaing dengan kompetitor. Semakin besar kompetitor maka akan semakin sulit dalam memenangkan persaingan. Kamu akan butuh biaya yang besar untuk melakukan marketing. So temukan market dengan tingkat persaingan rendah.

4. Gunakan Aplikasi Perdagangan

Jika Anda ingin mencari inspirasi bisnis Anda bisa cari ide di pasar luar negeri, menggunakan aplikasi perdagangan online yang populer adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan. Misalnya alibaba, 1688, aliexpres, amazon, ebay, wallmart dll. Aplikasi ini bisa membantu Anda mencari produk unik untuk dijual di market atau pasar baru dengan tingkat pesaing rendah.

Contoh jenis usaha sampingan online

Beberapa jenis usaha atau pekerjaan sampingan yang dapat dicoba oleh pemula antara lain:

  1. Part Time di tempat kerja/IT-Tech Support
  2. Menulis Blog/Artikel
  3. Menjadi Asisten di Sekolah
  4. Penjaga Mall
  5. Bisnis Online/Dropshipping
  6. Penjual Makanan/Food Delivery
  7. Menjadi Retoucher Foto
  8. Videografer
  9. Event Planner
  10. Guru Les Privat

Strategi pemasaran usaha sampingan online

Setelah anda menemukan produk yang ingin anda jual, selanjutnya adalah melakukan pemasaran. Berikut strategi pemasaran yang bisa anda jalankan.

1. Buat Tim

Sebelum memulai bisnis online, Anda perlu memiliki proyek dan tim untuk membangun dan mengelola proyek tersebut. Anda harus bertanggung jawab sepenuhnya atas proyek ini, jadi pastikan Anda memiliki banyak waktu dan energi untuk melakukannya. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu dan energi, carilah orang lain untuk membantu Anda.

2. Kelola Bisnis Anda secara Online

Sekarang mari kita membahas bagaimana Anda dapat mengelola bisnis Anda secara online. Tahap pertama adalah untuk membuat situs web Anda sendiri. Website ini akan menjadi rumah digital Anda, dan akan menampilkan produk atau layanan yang Anda berikan, serta informasi tentang bisnis Anda. Dari sini, Anda akan dapat mengatur e-commerce Anda, dimana berakhirnya transaksi pembelian di situs web Anda.

3. Kuasai Iklan Media Sosial

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda. Pastikan Anda memanfaatkan sebanyak mungkin media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, whatsapp dan yang lainnya, untuk memperluas jangkauan bisnis Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness dan membangun following untuk produk atau layanan Anda.

Untuk melakukan marketing di whatsapp, anda bisa mencoba dengan cara broadcast whatsapp ke seluruh kontak yang anda punya. Untuk jualan di fb kamu bisa lakukan seperti iklan fb bersponsor, dan juga bisa jual di marketplace facebook.

4. Gunakan SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik yang dapat membantu Anda untuk memperluas jangkauan bisnis Anda melalui web, dan membantu untuk meningkatkan ranking situs web Anda di mesin pencari. Hal ini tentu saja akan membantu untuk meningkatkan trafik kualitas yang dapat Anda temukan pada bisnis online Anda.

5. Aktifkan Strategi Pemasaran Email

Pemasaran email adalah alat yang sangat berguna untuk hampir semua bisnis online. Anda dapat menggunakan email untuk menghubungi klien potensial dan pelanggan saat ini, menjaring lebih banyak pelanggan, serta mengirim pengumuman dan promosi untuk keuntungan bisnis Anda. Dengan menggunakan strategi pemasaran email, Anda juga akan dapat membangun hubungan dengan pelanggan potensial dan pelanggan saat ini.

 

Itulah usaha sampingan online beserta strategi pemasarannya yang bisa anda coba.