Jenis Kayu Untuk Furniture

Diposting pada

Di Indonesia banyak sekali jenis kayu yang tumbuh, namun untuk dibuat menjadi produk furniture hanya ada beberapa jenis saja yang memiliki kualitas terbaik.

Secara Ilmiah kayu adalah bagian batang, cabang dan ranting tumbuhan yang keras dan kuat dengan istilah lignifikasi ( pengayuan ). Penyebab terbentuknya karena akibat adanya akumulasi selulosa dan lignin yang terjadi pada dinding sel berbagai jaringan di bagian batangnya.

Saat ini industri furniture memanfaatkan beberapa jenis kayu saja, hal ini karena untuk dibuat menjadi produk furniture yang berkualitas, serta awet dan kuat. Harus memiliki beberapa karakter seperti di bawah ini :

  • Kayu tidak mudah pecah dan patah
  • Kayu tidak cepat dimakan rayap.
  • Kayu tahan terhadap cuaca panas dan hujan.
  • Serat kayu halus dan tidak berminyak
  • Kayu mudah di sambung dan di bentuk.

Itulah sedikit syarat agar kayu bisa dibuat menjadi furniture yang berkualitas terbaik, beikut adalah jenis-jenis kayu yang biasa digunakan sebagai barang furniture.

1. Kayu Jati

Kayu jati adalah jenis kayu yang penyebarannya banyak sekali di berbagai pulau jawa, sumatra, sulawesi dan kalimantan. Nama ilmiah dari kayu jati adalah Tectona Grandis, kayu jati berwarna coklat kekuningan. Memiliki karakter kuat dan serta halus.

 Untuk saat ini kayu inilah yang menjadi primadona dalam pembuatan barang furniture, hal ini disebabkan karakter kayu yang mudah dibentuk, tahan terhadap cuaca panas serta tidak mudah pecah. Oleh karena itu industri furniture saat ini menggunakan kayu jenis ini untuk pembuatan produk mebelnya.

Kekurangan kayu jati adalah tidak bisa di finishing duco seperti warna putih, merah, biru dan hijau, hal ini disebabkan karena karakter kayu jati ini memiliki minyak yang apabila di finishing duco akan membuat warna dari produk furniture akan kelihatan belang menguning.

2. Kayu Mahoni

Kayu mahoni merupakan jenis kayu yang berwarna kemerahan dan menjadi bahan baku no, 2 setelah kayu jati dalam penggunaan bahan baku furniture. Jenis kayu ini memiliki karakter serat lebih halus serta tidak berminyak dimana pori-pori kayu ini sangat kecil.

Kayu jenis ini digunakan untuk produk mebel yang menggunakan warna finishing duco putih, gold, biru dan lainnya, karena ini merupakan jenis kayu yang paling cocok untuk produk klasik mewah bergaya eropa, seperti lemari ukir, tempat tidur ukir, meja makan ukir dan lain lain.

3. Kayu Trembesi / Suar

Kayu trembesi adalah jenis kayu yang memiliki diameter sangat besar dibanding jenis lainnya. Dimana saat ini kayu ini digunakan pengrajin furniture untuk membuat meja alami berukuran jumbo.

Karakter kayu ini tidak bisa di potong tipis, hal ini karena jenis kayu mudah pecah serta berat dan tidak cocok digunakan untuk luar ruangan.

Contoh hasil produk dari kayu trembesi biasanya berupa patung berukuran besar, kursi besar dan juga meja dengan ukuran jumbo.

4. Kayu Sungkai

Untuk jenis kayu ini biasa dibuat untyuk jendela, pintu serta kontruksi atap dan digunakan juga sebagai venner. Hal ini disebabkan jenis kayu yang berwarna coklat terang.

Secara umum banyak digunakan dalam pembuatan produk furniture outdoor luar ruangan, kayu jenis ini banyak tumbuh dui sumatra selatan. Harga kayu jenis ini relatif murah dibanding kayu lainnya.

5. Kayu Kelapa

Anda pasti sudah tahu kayu kelapa tumbuh di seluruh daerah pantai di indonesia, bisa digunakan sebagai produk Gazebo untuk taman, dan juga digunkana sebagai bahan baku rumah kayu.

Jenis kayu kelapa yang terbaik berasal dari pulau sulawesi, kayu dari sana memiliki karakter kuat serta serta hitam dan keras. Membuat kayu kepala ini cocok untuk gazebo outdoor dan rumah kayu.

6. Kayu Mindi

Jenis kayu alternatif untuk pembuatan furniture, karena jenis kayu ini rentan pecah. Dalam proses pembuatan furniture, apabila menggunakan kayu ini harus melalui tahap oven.

Produk yang bisa dihasilkan dari kayu mindi adalah kursi. Karena produk kursi tidak perlu menyambung antar papan satu dengan papan lainnya

Nah demikian ulasan kami tentang jenis-jenis kayu yang biasa digunakan untuk pembuatan Furniture, semoga dapat menambah wawasan Anda serta dapat menjadi acuan untuk memilih jenis kayu yang tepat untuk pembuatan perabot furniture yang sesuai untuk kebutuhan rumah anda, seperti dewamebel.com yang menggunakan berbagai jenis bahan baku kayu sesuai dengan produk furniture dan warna finishing yang diinginkan konsumennya.