Jenis Mata Uang Terendah di Dunia

Diposting pada

Segala macam nilai mata uang memberi fungsi sebagai alat transaksi. Namun tahukah kamu jika ada jenis mata uang terendah di dunia? Tidak semua negara memiliki nilai mata uang yang tinggi. Jika kamu penasaran dengan negara yang memiliki mata uang terendah maka jangan khawatir karena kami akan memberikan daftar mata uang terendah di dunia. Simak daftar berikut ini.

Bolivar Venezuela

Dari urutan pertama ada Bolivar Venezuela yang dikenal sebagai nilai mata uang paling rendah dan tingkat inflasinya tertinggi di dunia. Pasalnya nilai tukar Bolivar Venezuela sendiri memperlihatkan perbandingan dimana 1 Rupiah sama dengan 159,53 Bolivar. Sangat kecil sekali bukan? Hal ini disebabkan oleh banyaknya utang Venezuela dan tingkat inflasi yang tinggi sehingga Venezuela harus mengalami resesi dan warga Venezuela sendiri sekarang sudah memakai mata uang USD untuk melakukan transaksi karena Boliviar sudah tidak memiliki nilai sama sekali.

Rial Iran

Berikutnya ada Rial Iran yang juga menjadi salah satu jenis mata uang yang memiliki nilai tukar yang sangat rendah bahkan terendah kedua di dunia. Untuk konversi ke Dollar AS bisa mencapai 42.205.28 Real untuk 1 Dollar.

Dong Vietnam

Vietnam juga masuk ke daftar negara yang memiliki mata uang dengan nilai terendah di dunia. Vietnam memiliki mata uang ke 3 yang terendah di dunia. Buktinya 1 Dollar USD bisa mencapai 23.080.83 Dong. Ada banyak penyebab kenapa nilai mata uang Dong masih dianggap terendah. Salah satunya Vietnam tidak memiliki banyak sumber daya pribadi di negaranya karena kebanyakan diklaim oleh Amerika Serikat atau China. Sehingga memaksa Vietnam harus terus mengimpor bahan pangan.

Rupiah

Percaya atau tidak bahwa mata uang Rupiah masuk jajaran terendah di dunia. Sampai sekarang nilai tukar 1 Dolar USD setara dengan Rp 14.613. bahkan perubahan nilai tukarnya masih tidak stabil karena resesi yang terjadi di seluruh dunia akibat pandemi virus Corona.

 

Nah itulah daftar jenis mata uang terendah di dunia jika kalian tertarik artikel finansial lainnya maka kamu dapat mengunjugi situs jalantikus.com/finansial. Sekian dan terima kasih.