Kenali Website Lebih Dalam : Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya

Diposting pada

Siapa sih yang tidak kenal tentang website? Di era modern ini sangat tidak mungkin ada orang yang tidak mengetahui dan kenal dengan website. Website memiliki banyak manfaat, jenis yang menarik untuk diketahui oleh Anda yang masih mengenal website dalam lingkup kecil dan minim informasi. Nah, maka dari itulah di artikel ini kami akan membahas semua hal tentang website agar kalian bisa mengenal dan mengetahui website lebih dalam.

 

Apa Itu Website?

Website atau dalam Bahasa Indonesia berarti situs ialah gabungan informasi yang berbentuk halaman web yang tergabung dalam satu domain atau URL. Sebagai contoh, sebuah website berdomain ardatasite.com, memiliki bermacam-macam halaman lain, seperti blog, menu, halaman tentang kami, kontak dan lain sebagainya yang dapat diakses langsung ke halaman beranda. Gabungan halaman ini tentunya dapat diakses hanya dengan terhubung ke koneksi internet.

 

Bagaimana Cara Membuka Website?

Cara membuka website? Yang Anda perlukan hanyalah sebuah browser untuk membuka website tertentu, lalu tinggal Anda ketikkan URL atau nama domain yang ingin Anda kunjungi. Cara lain yang dapat dilakukan adalah Anda bisa mencari keyword dari sebuah website di mesin pencari.

 

Berapa Banyak Jumlah Website di Internet

di bulan Januari 2021 setidaknya sudah ada 1,74 miliar website yang tersebar di internet. Dengan jumlah website yang banyak ini, tentu saja setiap website memiliki manfaat yang berbeda-beda tergantung pada topik apa yang mereka sajikan.

 

Apa Saja Jenis Website?

Membicarakan jenis website, sebenarnya ada banyak jenis website yang tersebar dan bisa Anda temukan di internet. Nmun, kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda tiga jenis website berdasarkan kepemilikan, sebagai berikut:

1. Pribadi

Seperti namanya, website pribadi pasti dikelola secara perorangan. Biasanya website dengan jenis ini dibuat menjadi sebuah blog yang tidak berbayar menggunakan jasa layanan blogging sejenis Wix, WordPress dan lain-lainnya. Tak sedikit pula orang-orang menjadikannya sebagai portofolio, seperti untuk artikel blog, galeri foto, desain atau video dan lain sebagainya.

2. Bisnis dan Perusahaan

Jenis ini dibuat guna menyajikan informasi yang berkaitan dengan brand merk atau profil suatu perusahaan terkait guna menginformasikan kepada klien terkait identitas mereka. Jika hendak membuat website dengan jenis ini, sangat disarankan untuk membuat page khusus yang berisi tentang blog yang mengangkat artikel yang SEO Friendly untuk popularitas websitemu.

3. Komunitas

Website dengan jenis ini biasanya menggunakan eksistensi domain “.org”. Maksud dari pembuatan website ini adalah untuk saling share informasi antar member, forum sarana diskusi, sebagai papan informasi yang virtual.

4. E-commerce

Website dengan jenis ini berfokus pada situs apapun asal memiliki tujuan untuk menjual barang atau jasa secara online. Selain itu Anda juga bisa menampilkan informasi dari brand merk atau campaign yang sedang Anda kelola dan jalankan. Namun, Anda perlu menggunakan tema Woocommerce yang sesuai dengan niche bisnis Anda. Supaya tampilan website Anda menjadi semakin menarik.

 

Apa Manfaat Website?

Setelah mengetahui pengertian  dan jenis-jenis website yang ada diatas, sekarang saatnya untuk mengetahui apa manfaat dari website. Selain berguna sebagai penyedia informasi, website juga memiliki beberapa manfaat yang penting, yaitu:

1. Memperluas Cakupan Promosi

Fungsi utama dari website tidak lain tidak bukan biasanya untuk promosi. Bagaimana tidak, selain dapat meningkatkan kredibilitas, apabila website Anda berhasil menempati posisi teratas hasil pencarian di Google dengan SEO yang baik tentunya, maka tidak sulit pula untuk website Anda dikenali oleh pengguna internet.

2. Sarana Promosi Tanpa Batas

Lewat website, Anda bisa memberikan informasi kepada visitor dan dapat membantu mereka mendapatkan solusi. Website dapat Anda gunakan sebagai sarana promosi yang tanpa batas untuk produk barang atau jasa. Hal ini juga dapat membantumu menghasilkan konversi yang baik pula.

3. Tempat Komunitas

Seperti salah satu jenis website diatas, Anda dapat memanfaatkan website sebagai tempat untuk komunitas yang Anda sukai.

Nah dengan membaca artikel ini, pasti sekarang Anda menjadi lebih paham betul tentang semua hal yang berkaitan dengan website. Dari artikel diatas, jenis website mana yang ingin kalian buat? Apapun itu, semua kembali pada kebutuhan masing-masing, patikan website yang Anda buat bisa bermanfaat untuk orang lain yah.