Ketahui Tentang Pengertian dan Berbagai Macam Jenis Bisnis Online

Diposting pada

Semakin hari semakin banyak yang berminat dengan bisnis online. Hal ini dikarenakan semua dilakukan dengan online dan sistemnya juga tidak terlalu sulit. Modal awal yang pasti harus disiapkan adalah perangkat untuk menjalankan bisnis dan koneksi internet. Tanpa adanya koneksi internet, maka bisnis online tidak akan jalan.

 

Pengertian Bisnis Online

Sudah bisa dilihat dari namanya, bisnis online adalah bisnis yang dijalankan dengan internet. Mulai dari promosi, pelayanan, transaksi, dan kegiatan lainnya yang dapat dilakukan dengan online.

Semua jenis barang dan jasa bisa dijual melalui internet. Mulai dari alat kebutuhan sehari hari, produk digital, jasa, dan lain lain. Ruang lingkup yang dijangkau pun sangatlah luas. Bukan hanya satu negara namun seluruh dunia.

Salah satu kelebihan dari bisnis online adalah tidak membutuhkan tempat sebagai toko atau ruko. Hanya dengan membuat website atau toko di e commerce ataupun lewat media sosial saja.

Selain itu, pelaku bisnis juga fleksibel dalam menjalankan bisnisnya. Bisa dimana saja dan kapanpun bisa dijalankan. Jadi, modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Bahkan keuntungan yang didapat bisa lebih besar dari bisnis offline. Contoh dari bisnis online adalah reseller, dropshipper, affiliator, dan lain lain.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang bisnis, terutama yang berhubungan dengan bisnis online, kamu bisa nih berkunjung ke situs mastahbisnis. Ya, memang mastahbisnis.com adalah salah satu situs bisnis terlengkap dan juga paling up to date.

Jenis jenis Bisnis Online

Ada tiga jenis bisnis online, antara lain :

  • Bisnis Online di Media Sosial

Pada awal perkembangan media sosial, media sosial hanya digunakan untuk bersosialisasi secara online. Namun sekarang sudah berganti alih, media sosial bisa digunakan untuk ajang promosi produk.

Dengan memanfaatkan media sosial, siapapun bisa berbisnis lewat platform ini. Selain caranya yang mudah, jangkauan audiens pun sangatlah luas. Terlebih lagi apabila menggunakan akun bisnis. Fitur yang disajikan lebih banyak dan sangat membantu mengembangkan bisnis. Fitur tersebut diantaranya fitur melihat demografi, gender, umur, dapat melacak performa bisnis, dan masih banyak fitur lainnya.

Meskipun begitu, namun bisnis online memiliki kekurangan. Yaitu kurang menariknya tampilan produk atau desain. Seharusnya sebuah toko online memiliki tampilan yang unik dan menarik agar pelanggan membeli produk tersebut.

  • Bisnis Online di Website

Jenis bisnis online ini memanfaatkan website sebagai toko dan tempat transaksi. Seperti toko pada umumnya, namun ini secara online. Di dalam toko tersebut terdapat foto produk, deskripsi, tombol transaksi, dan lain lain.

Bisnis online di website menjadi primadona di dunia bisnis. Hal ini dikarenakan website dinilah lebih baik dalam branding, custom desain, jangkauan luas, dan lain lain.

  • Bisnis Online di Marketplace

Bagi yang belum tau apa itu marketplace, sederhananya marketplace adalah tempat yang digunakan untuk mempertemukan antara pembeli dan penjual secara online. Atau bisa dinamakan pasar online. Contoh dari marketplace antara lain lazada, tokopedia, shopee, jd id, dan lain lain.

Bisnis dengan menggunakan marketplace cukup populer dikarenakan mudah dan gratis. Langkahnya mudah, tinggal pilih marketplace yang mau digunakan, registrasi, pasang produk, branding toko, dan tunggu hingga ada pembeli. Selain itu penjual juga melakukan iklan berbayar pada marketplace.

Barang apapun bisa dijual di marketplace. Mulai dari alat elektronik, kosmetik, perlengkapan dapur, makanan, minuman, dan lain lain.

Apabila ingin terjun di marketplace, penjual harus sabar, mempelajari teknik marketing, dan SEO masing masing marketplace. Hal ini disebabkan karena saingan yang ada pada marketplace sangatlah ketat.