makam di jatisari bekasi

Ketersediaan Lahan Makam Dan Informasi Penting Lainnya Di TPU Jatisari

Diposting pada

Warga Bekasi sempat pernah merasakan kekhawatiran soal lahan makam.

Beberapa tahun silam, tepatnya sekitar tahun 2009 sudah diberitakan bahwa TPU Perwira yang menjadi lahan pemakaman besar di Bekasi ternyata sudah habis.

Berita tersebut diawali dengan pemakaman warga Bekasi muslim yang ternyata menggunakan lahan makam agama lainnya lantaran blok makam muslim sudah habis. Dan hal ini pun dikonfirmasi oleh dinas pemakaman kota bahwa ternyata TPU Perwira sudah tidak bisa bertahan lama.

Maka dari itu mulai banyak warga bekasi yang beli makam di San diego hills, karena lokasinya yang tidak jauh dari bekasi

makam di jatisari bekasi

Namun sekarang, warga Bekasi sudah bisa bernapas lega lantaran adanya TPU jatisari. Ya, TPU yang berada di Kota Bekasi ini tergolong baru dan memiliki lahan cukup luas untuk menggantikan TPU Perwira yang sudah penuh.

Adanya lahan TPU baru ini mengingat kebutuhan lahan makam yang tidak bisa dihentikan dan pertambahan jumlah penduduk kota juga tidak bisa dicegah. Untuk itu, lahirlah sebuah pemakaman baru yang memiliki luas lahan yang cukup untuk beberapa tahun ke depan.

Untuk Anda warga Bekasi yang membutuhkan informasi terkait TPU Jatisari, di sinilah tempatnya. Berikut ini akan diberikan rangkuman informasi penting dari TPU Jatisari khususnya soal ketersediaan lahan makam.

Apa sajakah informasi pentingnya? Inilah dia penjelasan lengkapnya untuk Anda:

Luas Lahan

Area pemakaman Jatisari memiliki lahan seluas 12 hektar. Lahan seluas ini sangatlah cukup untuk sebuah kota yang tidak terlalu besar.

Mengingat sebuah TPU hanya bisa digunakan untuk warga setempat saja, artinya warga kota lain misalnya kota Jakarta tentunya tidak bisa menggunakan lahan Jatisari ini.

Lalu menurut perhitungan perkiraan dari pengelola TPU, lahan seluas ini sangat mampu bertahan hingga minimal 5 tahun kedepan. Bahkan diperkirakan juga TPU di Bekasi aman hingga 10 tahun kedepan.

Angka 10 tahun masih tergolong aman telah dikonfirmasi oleh pemerintah kota lantaran di Bekasi masih juga ada TPU besar lainnya yang masih mampu dibuatkan lahan makam baru.

Setidaknya masih ada TPU Pendurenan yang juga memiliki luas lahan yang sama dengan Jatisari.

Selain itu, ternyata juga Bekasi masih memiliki 12 lahan lainnya yang nantinya juga akan digunakan sebagai area pemakaman. Namun saat ini masih belum dikelola oleh pemerintah kota.

Biaya Izin Sewa Makam Naik

Beberapa waktu yang lalu telah dikonfirmasi bahwa TPU Jatisari memiliki kenaikan harga sewa makam.

Seperti yang telah diketahui, TPU yang biasanya dikelola oleh dinas pemerintahan akan menarik biaya retribusi kepada keluarga jenazah atau ahli waris untuk membayar sewa lahan makam.

Sewa ini awalnya dibuat 5 tahun sekali. Namun saat ini, untuk warga Bekasi yang memakamkan keluarganya di TPU Jatisari harus membayarkan uang retibusi 3 tahun sekali.

Terjadi juga kenaikan biaya sewa lahan makam yang awalnya hanya seratus lima puluh ribu rupiah per 5 tahun menjadi dua ratus ribu rupiah per 3 tahun.

Perbaikan Area Pemakaman

Pemerintah kota berkomitmen untuk memberikan perbaikan untuk area pemakaman Jatisari. Itulah mengapa ada kenaikan biaya retribusi sewa lahan makam untuk masyarakat kota Bekasi.

Menurut pihak dinas, adanya perbaikan untuk memberikan kenyamana kepada keluarga yang ingin berziarah termasuk juga untuk mempermudah proses pemakaman.

Salah satu perbaikan yang dilakukan adalah memperbaiki jalur masuk ke area pemakaman.

Itulah tadi informasi ketersediaan lahan dan informasi penting lainnya dari TPU Jatisari. Untuk informasi lebih rinci, bisa ditanyakan kepada pengelola TPU ini atau datang langsung ke dinas pemakaman pemerintah kota Bekasi.