Keunggulan Rubber Ink dalam Sablon, Wajib Anda Ketahui!

Diposting pada

Bingung apa itu rubber ink dalam sablon? Kami akan memberikan gambaran secara detail apa itu rubber ink dalam sablon.

Apa itu rubber ink? Rubber ink adalah salah satu jenis tinta sablon yang terbuat dari campuran karet dan air. Rubber ink terdiri dari dua komponen utama yaitu pigmen dan bahan pengikat. 

Pigmen adalah zat yang memberikan warna pada tinta. Sedangkan bahan pengikat adalah zat yang menyatukan pigmen dan air. 

Rubber ink biasanya juga bisa digunakan untuk sablon kaos, tetapi juga dapat digunakan untuk media lain seperti kertas, kain, dan plastik. Anda bisa menggunakan cetak kaos jogja untuk membuat kaos sablon yang berkualitas. 

rubber ink dalam sablon

Keunggulan Rubber Ink dalam Sablon

1. Daya Rekat yang Kuat

Tinta karet memiliki daya rekat yang kuat pada kain kaos. Hal ini disebabkan oleh kandungan karet pada tinta karet. Karet mempunyai sifat lengket dan dapat menempel kuat pada permukaan kain.

2. Tahan Lama

Tinta karet tahan lama dan tidak mudah rusak. Sablon tinta karet mampu bertahan hingga bertahun-tahun meskipun digunakan untuk aktivitas luar ruangan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan karet pada tinta karet yang tidak mudah rusak oleh air, gesekan atau sinar matahari.

3. Mudah Diaplikasikan

Tinta karet mudah diaplikasikan dengan berbagai teknik sablon, antara lain sablon manual, sablon, dan sablon digital. Hal ini disebabkan oleh sifat tinta karet yang tidak mudah kering.

4. Tersedia dalam Berbagai Warna dan Motif

Tinta karet tersedia dalam berbagai warna dan motif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih tinta karet dengan warna polos, motif abstrak, atau motif grafis tertentu.

Jenis Tinta Rubber

Ada beberapa jenis tinta karet yang tersedia di pasaran, yaitu:

BACA JUGA  Masa Depan Kerja yang Menjanjikan

1. Tinta Rubber Ink Plastisol

Tinta karet plastisol merupakan jenis tinta karet yang paling umum digunakan. Bahan ini mempunyai daya rekat yang kuat dan tahan lama. Tinta karet plastisol juga tersedia dalam berbagai warna dan motif.

2. Tinta Rubber Ink Discharge

Rubber Ink Discharge merupakan salah satu jenis tinta karet yang digunakan untuk menghasilkan sablon yang cerah dan tajam. Tinta ini memiliki daya rekat yang kuat pada kain kaos, namun tidak tahan terhadap air.

3. Tinta Rubber Waterbase

Tinta karet water based merupakan salah satu jenis tinta karet yang terbuat dari bahan dasar air. Tinta ini lebih ramah lingkungan dibandingkan tinta plastisol atau karet pelepasan.

Pemilihan Rubber Ink

Pemilihan jenis tinta karet yang tepat tergantung pada kebutuhan sablon kaos Anda. Jika ingin sablon kaos yang awet dan tahan air, pilihlah tinta karet plastisol.

Jika Anda ingin sablon kaos yang cerah dan tajam, pilihlah tinta yang berbahan karet. Jika ingin sablon kaos ramah lingkungan, pilihlah tinta karet water based.

Tips Memilih Tinta Rubber

Berikut adalah beberapa tips memilih tinta rubber:

  • Perhatikan jenis kain kaos yang akan Anda sablon. Tidak semua jenis kain kaos cocok untuk sablon tinta karet. Bahan tinta karet hanya cocok untuk kaos berbahan katun, polyester, atau campuran keduanya.
  • Perhatikan kualitas tinta karet. Pilihlah tinta karet yang mempunyai kualitas bagus. Tinta karet berkualitas baik memiliki daya rekat yang kuat dan tahan lama.
  • Perhatikan harga tinta karet. Harga tinta karet bervariasi tergantung jenis dan kualitasnya. Pilih tinta karet yang sesuai dengan anggaran Anda.

Beberapa hal diatas dapat kalian pertimbangkan untuk memilih tinta rubber menjadi bahan cetak sablon. Kami merekomendasikan untuk Anda menggunakan jasa cetak kaos jogja untuk membuat kaos sablon dengan tinta rubber yang berkualitas.