Kuliner Khas Bandung yang Menawarkan Cita Rasa Autentik

Diposting pada

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Bandung juga dikenal akan kelezatan makanan khasnya yang mampu memikat hati para pengunjung.

Sebagai kota yang berkembang di dataran tinggi Jawa Barat, Bandung mempunyai keunikan budaya kuliner yang beragam.

Kota ini telah merajut sejarah kuliner yang kaya, dan kami akan mengajak Anda dalam sebuah perjalanan menikmati hidangan-hidangan lezat yang mencerminkan sejarah Bandung, termasuk cerita di balik setiap makanan khasnya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi Kuliner Khas Bandung yang wajib Anda coba.

1. Mie Kocok

Salah satu hidangan yang harus Anda coba saat berada di Bandung adalah Mie Kocok. Hidangan ini merupakan perpaduan dari budaya Tionghoa dengan penggunaan mie, dan budaya Sunda dengan kaldu sapi khasnya.

Mie Kocok telah menjadi simbol perpaduan budaya di Bandung, di mana rasa gurih dari kaldu sapi dan tekstur kenyal dari mie bersatu menciptakan pengalaman kuliner yang unik dan menggugah selera.

2. Batagor

Batagor, yang merupakan singkatan dari "Bakso Tahu Goreng," adalah camilan yang sangat populer di kalangan masyarakat Bandung. Camilan ini terbuat dari bakso ikan yang dibalut dengan kulit tahu dan kemudian digoreng hingga teksturnya menjadi renyah.

Batagor biasanya disajikan bersama saus kacang khas dan sambal yang pedas, menawarkan kombinasi rasa gurih dan renyah yang nikmat.

3. Lapis Legit

Lapis Legit adalah salah satu makanan khas Bandung yang tidak boleh Anda lewatkan, terutama sebagai pencuci mulut. Kue ini dibuat dari lapisan adonan tipis yang diolah berulang kali dengan campuran telur, mentega, dan gula.

Hasilnya adalah kue berlapis yang memiliki tekstur lembut, rasa manis, dan gurih. Lapis Legit dari Bandung sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas yang disukai banyak wisatawan.

BACA JUGA  Wow! Ini Dia Makanan Khas Idul Fitri yang Menggugah Selera!

4. Cireng

Cireng, yang mungkin sudah familiar bagi banyak orang, merupakan camilan ringan yang sangat populer di Bandung. Nama "Cireng" merupakan singkatan dari "Aci Goreng," yang berarti tepung tapioka yang digoreng hingga garing.

Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang pedas atau saus rujak, menjadikannya camilan yang sempurna untuk menyegarkan diri di tengah hari.

5. Colenak

Colenak adalah makanan khas Bandung yang harus Anda coba. Ini adalah hidangan manis yang terbuat dari singkong yang dipanggang atau dibakar, kemudian disiram dengan kuah gula merah yang kental.

Seringkali, colenak disajikan bersama dengan potongan pisang atau ketan, menawarkan rasa manis yang unik dan tekstur yang lembut, sangat cocok dijadikan sebagai dessert atau penutup makan malam.

6. Kupat Tahu Gempol

Nama Makanan Khas Jawa Barat ini adalah Kupat Tahu Gempol dan merupakan salah satu kuliner legendaris di Bandung. Warung ini telah beroperasi sejak tahun 1965, menawarkan menu seperti kupat tahu, lontong kari, dan pepes dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 18.000.

Warung Kupat Tahu Gempol buka setiap hari dari pukul 06.00 sampai 12.00 WIB. Anda bisa menemukannya di Jalan Gempol Kulon No.53, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115.

7. Sate Hadori

Sate Hadori menawarkan berbagai pilihan sate, gulai, dan sup kambing yang lezat. Pengunjung bisa memilih porsi dari ½ hingga 1 porsi dengan harga mulai dari Rp30.000 untuk setengah porsi.

Warung Sate Hadori buka setiap hari dari jam 10.00 hingga 00.00 WIB. Anda dapat menemukan warung ini di Terminal St. Hall, Jl. Stasiun Barat Selatan No.11-12, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181.

BACA JUGA  Membongkar Manfaat Tepung Beras Ketan

 

Itulah beberapa informasi tentang makanan khas Bandung yang lezat dan wajib Anda coba saat berkunjung ke kota kembang ini. Semoga informasi ini dapat membantu menjadikan perjalanan Anda lebih berkesan!