Macam-macam Promosi Usaha di Dalam Bisnis

Diposting pada

Sebagai pengusaha tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya promosi usaha atau promosi produk yang dijual. Macam-macam promosi usaha yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan bisnis ini beragam, seperti misalnya promo dari mulut ke mulut, melalui media cetak, internet, dan sebagainya.

Beberapa bentuk promosi usaha memang ada yang harus menggunakan modal usaha dan ada juga yang tidak. Simak lebih lengkap ulasannya berikut ini.

Macam-macam Promosi Usaha

Adanya promosi di dalam menjalankan sebuah usaha/bisnis akan menaikkan tingkat penjualan produk tersebut. Berikut ini macam-macam promosi usaha yang bisa Anda lakukan agar untung:

1. Periklanan

Bentuk promosi dan penyajian ide secara tidak personal, yang dilakukan oleh sponsor tertentu dengan berbayar adalah periklanan atau advertising.

2. Personal Selling

Bentuk promosi yang dilakukan secara personal dengan lisan atau percakapan, yang mana tujuannya adalah untuk melakukan transaksi, merupakan personal selling

3. Sales Promotion

Bentuk persuasi secara langsung dalam penggunaan berbagai insentif, yang bisa diatur untuk merangsang pembeli melakukan pembelian produk dan meningkatkan pembelian.

Tujuan Promosi Usaha

Sebelum berpromosi, Anda juga harus tahu apa saja tujuan dari dilakukannya promosi tersebut. Adapun tujuannya seperti di bawah ini:

1. Untuk Mengubah Sudut Pandang dan Tingkah Laku Konsumen pada Produk

Membuat para konsumen berubah pikiran untuk kemudian membeli produk yang dijual karena melihat promo penawaran produk tersebut.

2. Membentuk Citra Produk/Brand di Mata Pembeli

Pemilik brand yang membranding produknya akan membantu mencapai tujuan branding tersebut, supaya dikenali oleh konsumen.

3. Bersaing dengan Kompetitor

Promosi usaha akan membantu produk Anda tetap berada di angka penjualan yang stabil, walaupun banyak saingan kompetitor.

Manfaat Promosi Usaha/Bisnis

Berikut ini beberapa manfaat dalam promosi usaha yang dapat Anda peroleh:

1. Customer Loyalty

Untuk meningkatkan loyalitas konsumen supaya mereka tidak beralih ke produk kompetitor.

2. Media Komunikasi

Membantu perusahaan untuk menyampaikan informasi yang disampaikan pada konsumen mengenai produknya.

3. Pertahanan

Untuk mempertahankan citra perusahaan dari serangan kompetitor.

Macam-macam promosi usaha secara online kecuali media sosial path, bisa digunakan dengan cara efektif. Karena media sosial path tersebut sudah tutup aplikasi, sehingga tidak bisa digunakan untuk berpromosi online atau memposting iklan produk di sana.