Makanan Khas Lampung yang Wajib Kamu Coba

Diposting pada

Lampung merupakan daerah yang sangat kaya akan sumber daya alam dan tradisi adat istiadatnya. Jika anda berkunjung ke daerah di lampung, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas lampung yang dijamin enak dan bikin ketagihan.

Provinsi lampung terkenal dengan sebagai daerah yang menghasilkan buah-buahan durian kelapa dan kaya akan hasil lautnya. Jadi kita sudah bisa tahu kira-kira makanan apa saja yang bakal jadi makanan khas lampung. Karena secara garis besar jenis makanan khas lampung terdiri dari santan, durian dan olahan ikan-ikan laut.

Baik kita langsung saja lihat apa saja makanan khas yang ada di lampung.

Seruit Lampung

Di manapun tempatnya di daerah lampung, pasti anda akan dikenalkan dengan seruit. Seruit dijadikan sebagai makanan yang spesial oleh masyarakat lampung. Bahan pembuatan seruit terdiri dari terasi, sambal tempoyak, suiran ikan bakar dan mangga. 

Rasa seruit ini sangat khas, manis, pedas, asam bercampur jadi satu, yang berasal dari tempoyak yang merupakan olahan daging durian yang sudah difermentasi. 

Jadi bagi anda yang senang dengan buah durian tentu pasti akan suka juga dengan seruit lampung.

Bagi kalian yang mau berkunjung ke Lampung, ada rekomendasi travel Jakarta Lampung murah, yang bisa mengantar Anda keliling Lampung untuk mencicipi makanan khas Lampung. 

Tempoyak Sambal Khas Lampung

Tempoyak merupakan sejenis sambal yang berbahan dasar daging durian fermentasi cabai garam dan bumbu lainnya. Untuk mengkonsumsi tempoyak memang paling enak disantap bersama ikan bakar, atau ikan laut goreng. Dijamin deh sekali coba, kalian akan nambah-nambah terus karena memang rasanya yang enak dan gurih.

Gulai Taboh

Sebelumnya kita sudah bahas makanan khas berbahan dasar ikan dan daging durian. Kali ini kita akan menyajikan makanan khas lampung yang ada unsur santan yaitu Gulai Taboh. gulai taboh merupakan makanan yang berbahan dasar kacang dan ubi yang dimasak dengan menggunakan santan dan campuran kentang dan rebung. 

Paling enak mengkonsumsi gulai taboh adalah saat cuaca dingin dan gulai disajikan dalam kondisi yang hangat. 

Karena komposisi pembuatannya yang banyak mengandung karbohidrat, gulai taboh juga bisa dimakan tanpa menggunakan nasi karena akan terlalu membuat kenyang. 

Engkak, Kue Khas Lampung

Engkak adalah sejenis kue yang dibuat dari campuran mentega dan telur, seperti membuat roti brownis. Bedanya adalah engkak ini bertekstur lebih lembut, dan bentuknya hampir mirip dengan lapis legit. Engkak paling enak disajikan di pagi hari sambil minum teh atau kopi hangat.