Manfaat Sabun Buah Pepaya untuk Kulit

Diposting pada

Sabun buah merupakan salah satu produk kecantikan yang memiliki banyak manfaat terutama bagi kulit. Jenis sabun ini aman digunakan untuk seluruh tubuh termasuk wajah. Karena terbuat dari bahan alami, sifatnya tidak terlalu keras sehingga kandungan minyak alami tidak hilang.

Salah satu sabun buah yang sering digunakan saat ini adalah sabun pepaya. Buah pepaya kaya akan kandungan enzim papain. Jenis enzim tersebut sangat berguna untuk merawat kesehatan kulit.

 

4 Manfaat Utama Sabun Buah Pepaya

Buah berwarna orange ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk kulit. Tak heran jika di pasaran banyak beredar sabun yang terbuat dari ekstrak pepaya. Contohnya adalah sabun Harmony. Berikut ini adalah beberapa khasiat sabun pepaya bagi kulit.

sabun buah

Mengatasi jerawat

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya bersifat sebagai anti peradangan. Jenis enzim ini mampu melenyapkan penumpukan keratin sehingga munculnya jerawat bisa dicegah.

Pemakaian sabun pepaya secara rutin juga dapat membantu proses pengelupasan kulit. Dengan begitu pori-pori tidak akan tersumbat dan terhindar dari jerawat.

 

Mencegah penuaan dini

Buah pepaya juga berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini mampu melindungi dari bahaya radikal bebas serta membuat kulit tampak awet muda.

Elastisitas kulit akan meningkat dengan menggunakan sabun pepaya secara teratur. Selain itu, kerutan pada kulit juga dapat segera teratasi.

 

Mencerahkan kulit

Kombinasi vitamin A dan C serta enzim papain pada pepaya berkhasiat membuat kulit tampak lebih cerah. Sabun ini juga mampu menghilangkan flek hitam.

Kulit belang akibat berjemur juga bisa diatasi dengan memakai sabun pepaya. Warna kulit akan menjadi lebih rata  dan sehat.

 

Melembabkan kulit

Sabun pepaya sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Kandungan papain, karbohidrat, serta lemak didalamnya mampu membuat kulit menjadi lembap. Kulit terasa lebih kenyal dan lembut.

Pemakaian sabun pepaya secara rutin juga mampu mengatasi masalah kulit bersisik. Kandungan air pada pepaya yang cukup banyak, dapat menjaga kelembaban kulit dan menetralkan pH.

Selain mempunyai banyak manfaat, sabun pepaya juga memiliki efek samping. Jenis sabun ini tidak cocok untuk kulit sensitif karena sifatnya yang mempercepat pengelupasan. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan mengaplikasikan lotion supaya kulit tetap lembab.

Penggunaan Sabun Buah memang relatif aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Banyak merk sabun buah yang beredar di pasaran. Anda harus pintar memilih produk yang sesuai dengan tipe kulit serta tak memicu efek samping.