Membongkar Manfaat Tepung Beras Ketan

Diposting pada

Tepung beras ketan, bahan makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tepung ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus dan memiliki tekstur yang lebih lengket jika dibanidngkan dengan tepung beras biasa. 

Tepung beras ketan banyak digunakan dalam berbagai macam hidangan tradisional Indonesia, seperti kue klepon, onde-onde, dan lemper. 

 

Apa itu Tepung Beras Ketan? 

tepung beras ketan

Tepung beras ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan yang telah digiling halus. Beras ketan memiliki kandungan amilopektin yang tinggi, yaitu jenis pati yang mudah mengembang dan menghasilkan tekstur yang kenyal dan lengket. 

Hal ini berbeda dengan beras biasa yang memiliki kandungan amilopektin yang lebih rendah, sehingga menghasilkan tepung yang lebih halus dan tidak lengket. 

Jenis-Jenis Tepung Beras Ketan

Tepung ketan umumnya tersedia dalam dua jenis, yaitu:

1. Tepung Ketan Putih

Tepung jenis ini terbuat dari ketan putih yang tidak berwarna. Tepung ketan putih banyak digunakan untuk membuat kue putih tradisional dan makanan ringan, seperti kue klepon, onde-onde dan cupcakes.

2. Tepung Ketan Hitam

Tepung jenis ini terbuat dari ketan hitam yang berwarna ungu kehitaman. Tepung ketan hitam memiliki rasa yang sedikit manis dan gurih, banyak digunakan untuk membuat kue-kue tradisional dan makanan ringan tradisional, seperti kue putu bambu dan onde-onde hitam.

Manfaat Tepung Beras Ketan

 

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

a. Kaya serat. Tepung beras ketan kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

b. Prebiotik. Serat dalam tepung ketan juga berperan sebagai prebiotik, mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

BACA JUGA  Kuliner Khas Bandung yang Menawarkan Cita Rasa Autentik

2. Meningkatkan Energi

a. Karbohidrat kompleks. Tepung ketan merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik, dicerna lebih lambat oleh tubuh, memberikan energi tahan lama dan membantu mencegah gula darah naik dan turun drastis.

b. Meningkatkan metabolisme. Karbohidrat kompleks pada tepung ketan juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu pembakaran kalori lebih efisien.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

a. Bebas gluten. Tepung beras ketan bebas gluten sehingga aman bagi penderita penyakit celiac dan intoleransi gluten. Gluten dapat menyebabkan radang usus pada penderita kondisi ini.

b. Menurunkan kolesterol. Kandungan serat pada tepung ketan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

a. Kaya magnesium. Tepung beras ketan kaya akan magnesium, mineral penting untuk kesehatan tulang. Magnesium membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

b. Kaya kalsium. Tepung beras ketan juga mengandung kalsium, mineral penting lainnya untuk kesehatan tulang. Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

a. Kaya antioksidan.Tepung ketan mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan menimbulkan penyakit.

b. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Antioksidan dalam tepung ketan juga membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih kuat melawan infeksi.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tepung ketan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menyebabkan gula darah naik drastis. Hal ini dapat membantu mengontrol nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam tepung ketan membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

8. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Tepung beras ketan dapat digunakan sebagai masker rambut untuk membantu melembabkan dan menguatkan rambut.

BACA JUGA  Wow! Ini Dia Makanan Khas Idul Fitri yang Menggugah Selera!

Tips Mengonsumsi Tepung Beras Ketan

  • Pemanfaatan tepung ketan untuk menggantikan tepung terigu pada berbagai resep masakan, seperti kue, roti, dan pancake.
  • Tambahkan tepung ketan ke dalam sup, semur, dan saus untuk menambah tekstur dan rasa.
  • Gunakan tepung ketan untuk membuat bubur, puding, dan makanan penutup lainnya.
  • Campur tepung ketan dengan air atau santan untuk membuat adonan crepes, tortilla dan bungkus lainnya.

 

Bagi Anda yang ingin memulai usaha pengolahan beras ketan menjadi tepung, Anda dapat menggunakan mesin tepung beras ketan.

Mesin tepung beras ini dapat membantu Anda untuk menggiling beras ketan menjadi tepung dengan lebih cepat dan mudah. 

Tepung beras ketan adalah bahan makanan yang bergizi dan serbaguna yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan kuliner yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai hidangan.