Mengenal Istilah-istilah dalam SEO

Diposting pada

Sebelum mempelajari SEO lebih dalam. Alangkah lebih baik jika Anda memahami dulu istilah-istilah yang ada di dalam SEO. Terdapat banyak istilah yang perlu Anda ketahui supaya tidak salah dalam mengimplementasikannya. Sehingga proses optimalisasi dengan teknik SEO akan bekerja secara maksimal. Nah, berikut ini adalah beberapa istilah SEO dan penjelasannya. 

1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) adalah metode yang biasa digunakan untuk mempromosikan website, produk, maupun layanan di internet menggunakan mesin pencari. Di dalam SEM terdapat dua hal yang menjadi pondasi, yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click).

SEO merupakan salah satu metode marketing yang menggunakan sebuah konten website dengan tujuan agar mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Sedangkan untuk PPC adalah salah satu metode marketing website yang dilakukan dengan cara membeli klik di jasa mesin pencari.

2. Pagerank

Pagerank adalah suatu indikator yang umumnya digunakan untuk melihat tingkat kepopuleran sebuah website. Algoritma Google adalah salah satu yang akan menentukan pagerank website Anda. Dimana halaman website Anda akan tersebar luas di seluruh dunia. Dengan begitu, akan semakin banyak link yang mengarah ke website Anda. Maka akan semakin bagus pula pagerank website Anda.

3. Backlink

Backlink adalah link yang berada di artikel website atau blog lain, dimana link tersebut mengarah ke website Anda. Semakin banyak backlink yang Anda punya, maka semakin bagus pula website Anda di mesin pencari.

4. Linkbait

Linkbait adalah sebuah website yang biasanya digunakan untuk menarik backlink agar menjadi lebih banyak. Umumnya berbentuk foto, video, maupun artikel. 

5. Nofollow

Nofollow digunakan dengan tujuan untuk memberikan sinyal kepada Google. Bahwa link yang ada di dalam website yang dimiliki tidak mengarah ke link yang sudah tertera. Dengan adanya Nofollow ini diharapkan Google tidak akan menganggap link yang ada website ataupun blog tersebut. Sehingga Google tidak akan menaikkan ranking website yang tertera di dalam link ini.

6. Anchor Text

Anchor teks atau teks jangkar adalah kata-kata yang bisa di klik dalam sebuah konten website. Apabila Anda mengklik kata tersebut, maka Anda akan dibawa menuju ke alamat website. 

7. Title Tag

Title Tag adalah judul sebuah konten website. Menulis title tag yang di dalamnya terdapat kata kunci akan membantu mesin pencari untuk melacak konten Anda dengan mudah. Hal ini nantinya akan menaikkan peringkat konten di mesin pencari.

Itulah beberapa istilah penting yang perlu Anda pahami. Mungkin istilah yang sudah disebutkan di atas merupakan sebagian kecil dari banyaknya istilah di dalam SEO. Namun dengan memahami istilah di atas, Anda akan lebih terbantu dalam mengoptimalkan website Anda.

Nah, jika Anda masih awam dan tidak punya waktu untuk mempelajari hal-hal di atas. Maka Anda bisa menggunakan Jasa SEO Semarang. Layanan ini dapat membantu Anda dalam optimalisasi website sesuai dengan kaidah SEO. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu repot mengelola website sendiri. Sebab, website Anda akan terkelola dengan baik oleh tim profesional.