Panduan Membersihkan AC Rumah Secara Mandiri

Diposting pada

Untuk penduduk Jakarta, air conditioner atau AC adalah salah satu alat elektronik yang memerlukan perhatian khusus. Pasalnya jika rusak, tentu anda membutuhkan budget yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Oleh karena itu anda harus selalu membersihkannya secara berkala.

Selain membuatnya lebih awet, membersihkan AC juga membuat kualitas udara yang dihasilkan tetap terjaga. Nah selain menggunakan jasa service AC Jakarta,  anda juga dapat membersihkan AC secara mandiri lho! Berikut panduannya:

  • Cabut semua kabel pada sumber listrik

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika akan membersihkan AC rumah adalah mencabut semua aliran listriknya. Ini menjadi hal penting yang harus diingat, sebab ada bagian AC yang mampu menghantarkan listrik dan tentunya membahayakan anda. Jika perlu tutuplah saklar dengan rapat agar tidak terkena cipratan air.

  • Bersihkan mulai bagian cover

Selanjutnya mulailah dengan membersihkan bagian-bagian luar cover AC. Pada bagian ini anda dapat membersihkannya dengan pembersih biasa seperti vacuum cleaner, kemoceng atau lap. Bersihkan debu yang menempel pada permukaan hingga ke bilah ventilasi. Jika ada sisa-sisa debu yang membandel gunakanlah lap yang sedikit basah agar lebih gampang.

  • Lepaskan filter

Untuk membersihkan filter AC maka lepaskanlah terlebih dahulu filter tersebut. Selanjutnya bersihkan menggunakan kuas kecil atau dengan vacuum cleaner. Namun jika kondisinya terlalu kotor, maka anda bisa mencucinya menggunakan sabun lalu lap kembali sampai kering. Jika menggunakan jasa servis AC, mereka akan memiliki pengering khusus agar proses ini lebih cepat.

  • Bersihkan evaporator

Untuk membersihkan area ini maka anda memerlukan cairan khusus pembersih evaporator. Semprotkan secara merata pada bilah AC hingga evaporator benar-benar bersih. Pastikan anda menyemprotnya secara tepat sasaran serta tidak merusak bagian komponen yang lain.

  • Bersihkan bagian outdoor

Bersihkan kisi-kisi pendingin dari kotoran yang menempel, dan untuk area yang sempit anda bisa menggunakan sikat gigi kecil. Untuk membersihkan bagian dalam kisi-kisi gunakanlah semprotan air tanpa melepas kipas. Semprotkan dengan tekanan agar air mampu menjangkau area-area yang sulit. Anda juga dapat menggunakan larutan detergen untuk membersihkan bagian ini.

Bagaimana mudah sekali bukan? Membersihkan AC secara mandiri tentu akan membuat anda lebih hemat uang. Namun jika anda merupakan orang yang sibuk, maka segera serahkan urusan bersih bersih ini ke servis AC Jakarta sebagai ahlinya masalah AC.