Pantai Melasti, Keindahan Alam Tropis yang Menakjubkan di Ujung Selatan Pulau Dewata

Diposting pada

Pantai Melasti di Bali menawarkan sebuah pengalaman wisata yang menggabungkan pesona alam pantai dengan kekayaan budaya lokal.

Terletak dekat dengan lautan luas, Pantai Melasti juga berada di proximitas dengan destinasi populer lainnya seperti Pantai Pandawa, Pantai Batu Pageh, dan Pantai Green Bowl, menambah daftar tempat indah yang wajib dikunjungi di Bali.

Pesona Alam dan Budaya Pantai Melasti

Keindahan Pantai Melasti tidak perlu dipertanyakan. Pantai ini memiliki pasir yang bersih dan pemandangan alam yang natural, dengan tebing-tebing tinggi di kedua sisinya menambah keistimewaan panorama yang ditawarkan.

Uniknya, Pantai Melasti juga dikelilingi oleh elemen-elemen budaya Bali yang kaya, seperti Taman Angsoka yang terinspirasi dari kisah epik Ramayana dan Kori Agung yang menghiasi dengan patung Bhoma.

Selain itu, Anjungan Watu Gangga menawarkan titik pandang yang istimewa bagi wisatawan, seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk berbagai upacara.

Tarif Masuk dan Waktu Operasional Pantai Melasti

Untuk mengakses keindahan Pantai Melasti, tarif masuk yang ditetapkan adalah Rp 8.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak, bagi pengunjung lokal. Untuk turis asing, harga tiket adalah Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi juga perlu membayar biaya parkir, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus atau truk.

Pantai Melasti dapat dikunjungi kapan saja karena buka 24 jam, meskipun terkadang ada perubahan kebijakan operasional dari pihak pengelola.

Alamat dan Cara Menuju Pantai Melasti

Pantai Melasti terletak di Desa Ungasan, bagian dari Kecamatan Kuta Selatan di Kabupaten Badung. Pantai ini terkenal dengan tebing kapurnya yang indah dan penggunaan urugan kapur di tepi pantainya sebagai upaya pencegahan abrasi.

BACA JUGA  Turki Summer: Petualangan Seru di Bawah Matahari

Mengunjungi Pantai Melasti sangat mudah. Berada hanya 4 km dari pusat Kecamatan Kuta Selatan, perjalanan ke Pantai Melasti bisa dilakukan dalam waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan umum. Bagi yang berangkat dari Denpasar, jaraknya adalah sekitar 34 km, membuatnya mudah diakses bagi pengunjung.

Fasilitas dan Aktivitas Menarik di Pantai Melasti

Ingin tahu apa saja yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Melasti? Berikut adalah beberapa kegiatan dan fasilitas yang tersedia:

1. Berenang

Pantai Melasti dengan pasir putihnya yang memukau dan ombak yang ramah adalah tempat yang sempurna untuk berenang. Pengunjung dapat menikmati keseruan bermain air sambil terpesona oleh keindahan alam sekitarnya.

2. Snorkeling

Keindahan bawah laut Pantai Melasti yang masih sangat alami menawarkan pengalaman snorkeling yang tidak terlupakan. Dengan terumbu karang dan beragam biota laut yang menawan, snorkeling di sini pasti akan menjadi pengalaman yang berkesan.

Baca Juga: Pesona Pantai Nyang Nyang, Pantai Terbersih dan Terindah di Bali

3. Bersantai

Untuk pengunjung yang lebih memilih untuk bersantai daripada berkegiatan di air, terdapat gazebo dan area bersantai lainnya.

Anda bisa menyewa payung dan kursi pantai sambil menikmati sajian kuliner dari pedagang makanan dan minuman yang tersedia di sekitar pantai, menambah kenyamanan saat beristirahat dan menikmati suasana.

4. Pertunjukan Tari Kecak

Pantai Melasti tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga kekayaan budaya melalui pertunjukan Tari Kecak Situbanda yang unik, memberikan pengalaman yang berbeda dari pertunjukan serupa di Uluwatu. Panggung dan narasi yang dibawakan menambah keistimewaan dan daya tarik bagi penonton.

5. Sesi Foto dan Prewedding

Keelokan Pantai Melasti membuatnya menjadi lokasi sempurna untuk sesi foto, termasuk foto prewedding. Sebagai sebuah desa adat, pengelola telah menyediakan fasilitas lengkap untuk kegiatan fotografi.

BACA JUGA  Tips Jitu Memilih Penginapan pada Paket Liburan Raja Ampat

Banyak pasangan, baik lokal maupun internasional, memilih pantai ini sebagai latar belakang untuk mengabadikan momen pra-nikah mereka. Keindahan alam dan struktur pantai yang dirancang untuk mengatasi abrasi menjadikan Pantai Melasti tempat yang istimewa.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi dan menikmati semua kegiatan menarik ini di Pantai Melasti?