Peluang Usaha Makanan Rendang dan Ragam Jenis Rendangnya

Diposting pada

Rendang ialah sajian makanan yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Menurut sejarah, nama ‘rendang’ berasal dari Bahasa Minang, yaitu randang yang merujuk pada teknik memasak bernama merandang.

Teknik tersebut merupakan teknik pengolahan dan pengadukan masakan dalam waktu yang lama menggunakan rempah-rempah sehingga hasil masakan menjadi kering dan tercampur rata dengan bumbu.

Makanan satu ini menjadi salah satu makanan terenak di Indonesia, penggemarnya bahkan dari semua kalangan. Rendang sendiri telah tersebar luas di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke negara lain.

Hal tersebut karena rendang memiliki cita rasa khas yang dihasilkan dari aneka rempah-rempah asli. Karena rasanya yang lezat, membuat orang-orang memanfaatkannya menjadi sebuah usaha kuliner yang menjanjikan.

Faktanya rendang sudah menjadi makanan terpopuler yang juga menjadi favorit banyak orang. Oleh karena itu, peluang usaha makanan rendang ini masih bisa kamu coba, sebab peluangnya masih terbuka lebar. Terbukti telah banyak pengusaha makanan rendang yang sukses besar.

 

Ragam Jenis Rendang

Rendang yang sering dikenal masyarakat Indonesia maupun dunia secara luas hanya rendang daging. Padahal di berbagai daerah di Sumatera Barat mempunyai keragaman tersendiri dalam mengolah rendang.

Berikut jenis-jenis rendang yang belum diketahui banyak orang :

1. Rendang Daging Sapi

Rendang yang satu ini dikenal hampir diseluruh dunia, rendang sapi menjadi ikon tersendiri bagi masyarakat Minangkabau. Daging sapi yang memiliki tekstur padat menjadi bahan utamanya.

Masakan yang menggunakan bumbu pekat hitam yang dibuat dari santan, lalu dimasak hingga 6 jam lebih ini kaya akan rempah-rempah. Hampir di setiap  rumah makan dan juga restoran padang tersedia rendang jenis ini.

2. Rendang Lokan

Rendang ini menggunakan bahan utama lokan yang merupakan sejenis kerang-kerangan yan umum ditemukan di pesisir pantai dan beberapa tempat air tawar. Dalam memasaknya, lokan dimasukkan ke dalam bumbu rendang yang sudah matang.

Rendang satu ini dimasak dengan cara yang khusus, jika tidak pas, maka rendang bisa terasa anyir dan pahit dari lokan.

3. Rendang Maco

Bagi beberapa masyarakat beranggapan jika rendang adalah makanan mewah yang dibuat dari bahan utama daging. Akan tetapi sebagian masyarakat dengan kreatifnya menggunakan maco atau sejenis ikan asin sebagai pengganti daging.

Cara memasaknya sedikit sama dengan cara memasak rendang daging, tetapi maco dimasukkan ke dalam racikan bumbu rendang ketika santan pekat itu mulai berubah menjadi kental serta menghitam.

4. Rendang Ayam

Rendang ayam ini dapat disajikan dengan menghancurkan daging ayam, bisa dengan digiling, dipotong, atau diurai dengan ukuran sesuai selera. Sama dengan rendang pada umumnya, rendang ayam juga menggunakan rempah-rempah yang beragam, hanya saja bahan utama yang digunakan ialah daging ayam.

5. Rendang Daging Kambing

Dalam melakukan proses masaknya, perlu memiliki kemampuan yang mumpuni, supaya rasa daging kambing tidak ketara. Campuran bumbu rempah-rempahnya didominasi dengan cengkeh, kemiri, buah pala, dan gardamunggu yang digiling dengan menggunakan tangan.

6. Rendang Telur

Rendang telur sendiri memiliki dua macam yaitu rendang telur pipih dan rendang telur khas suliki. Rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu pun hampir sama dengan rendang pada umumnya. Namun cara memasaknya sendiri ada dua, dengan teknik masak yang berbeda.

Dengan jenis-jenis rendang yang beragam tersebut, kamu hanya perlu memilih jenis rendang mana yang akan kamu jadikan sebuah usaha yang akan kamu jalankan. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan peluang usaha makanan rendang ini dengan baik.

Rendang identik dengan bumbunya yang terbuat dari santan, selain menggunakan santan instan yang dijual dengan berbagai kemasan. Kamu juga bisa membuat santan sendiri di rumah, tentunya hal tersebut akan menghemat biaya membuat rendang.

Kamu bisa menggunakan mesin cungkil kelapa dan mesin parut kelapa, dengan menggunakan dua mesin tersebut maka hasil santan kamu pun akan baik.

Sampai sini dulu pembahasan kita tentang peluang usaha makanan rendang, semoga pembahasan diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di pembahasan artikel menarik lainnya!