Pembuatan Video Profile Perusahaan

Diposting pada

Untuk mulai membuat video profil perusahaan yang dirancang dengan baik, Anda perlu melalui serta mengetahui langkah-langkah yang tepat. Sebab jika Anda tidak mengetahui langkah-langkah tersebut maka video profile perusahaan yang dihasilkan akan melalui  proses yang kurang optimal serta memerlukan waktu yang lama.

Sehingga apa yang Anda tampilkan sebagai company profile tidak tersampaikan dengan baik. Anda bisa membuat video company profile ini untuk memperkenalkan diri ke calon klien dan citra perusahaan Anda akan semakin baik di mata masyarakat luas.

 

Pembuatan Video Profile Perusahaan

1. Membuat Storyline

Cerita merupakan inti dari naskah, diambil dari ide pokok dan dilakukan dengan gaya naratif. Sederhananya, sebuah cerita dapat diceritakan sebagai rangkaian cerita dari awal sampai akhir video dengan bentuk poin-poin cerita.

2. Membuat Storyboard

Storyboard merupakan visualisasi cerita dalam bentuk rangkaian sketsa yang menggambarkan proyek video secara lengkap seperti iklan TVC/TV, profil perusahaan, dll.

Storyboard dulunya dibuat dalam bentuk sketsa hitam putih, namun dengan perkembangan zaman sekarang, banyak orang membuat storyboard yang berwarna-warni bahkan ada juga yang membuat storyboard animasi untuk menunjukkan hasil dari proyek video.

3. Membuat Budget Produksi

Langkah ini paling penting sebab semua peserta dalam produksi harus terdaftar dan tidak boleh ada yang tertinggal. Anggaran produksi ini bisa dikelompokkan sebagai berikut:

Pra-produksi

  • Biaya survei dan penelitian
  • Biaya pembuatan papan cerita

Produksi

  • Biaya tindakan.
  • Biaya peralatan.
  • Biaya kru.
  • Biaya akomodasi serta transportasi.
  • Biaya makan.
  • Masalah lain yang tak terduga.

Pasca produksi

  • Memproses biaya setelah perubahan.
  • Harga pembuatan jingle.

4. Shooting Day

Ada berbagai poin penting selama pengambilan gambar yang tidak boleh diabaikan karena mempengaruhi hasil produksi video, antara lain kesinambungan setiap adegan dalam storyboard, musik, sudut desain adegan, dan pencahayaan.

Sebaiknya deskripsikan profile perusahaan lebih dari satu hari, min dua hari atau lebih baik tiga hari kerja. Pengambilan gambar 2 hari  dapat digunakan 1 hari untuk pengambilan laporan dan 1 hari untuk pengambilan gambar tambahan.

Sebelum Anda menyelesaikan pembuatan video, sebaiknya periksa adegan yang sudah selesai untuk menghindari gambar yang hilang atau bingkai yang rusak.

5. Editing

Mengedit proyek video bisa diibaratkan sebagai tahap finalisasi adegan dan merangkainya menjadi sebuah video utuh sesuai storyboard. Untuk mengedit, Anda bisa menggunakan program pengeditan yang banyak digunakan, misalnya : Adobe Premiere, Final Cut Pro, Corel Video Studio, Edius dsb.  

6. Revisi

Setelah selesai proses editing, Masih ada fase review dimana Anda harus menunggu dan melihat apakah video yang Anda buat sesuai dengan yang diinginkan klien atau tidak, dan saat hasil editing direvisi, revisi harus disepakati saat produksi. Sehubungan dengan jumlah versi pihak dan klien, versi maksimum umumnya 2 kali.

7. Done

Langkah terakhir yang Anda tunggu-tunggu dalam proyek pembuatan profil video perusahaan. Ketika dinyatakan selesai! atau Done, urutan pembuatan video profil perusahaan berakhir.

 

Itulah ulasan tentang pembuatan video profile perusahaan, Jika anda membutuhkan video profile perusahaan bisa menghubungi jasa profile video jogja sebab dengan jasa video profile jogja bisa membantu perusahaan menjadi lebih dikenal.