Pengertian HRIS & Fungsinya pada Perusahaan

Diposting pada

Dalam sebuah perusahaan pasti memiliki bagian-bagian penting yang membutuhkan sistem pengelolaan yang baik. Salah satunya di bagian human resource development yang sangat penting untuk diperhatikan.

Dari unit HRD, data para pegawai dikelola dengan suatu sistem. Sistem yang populer dan sangat membantu HR adalah HRIS. Apa itu HRIS pengertian & fungsi HRIS, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian HRIS

Masing banyak pekerja yang asing dengan istilah HRIS di suatu perusahaan. HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System yang berperan sebagai software manajemen pengelola data SDM di perusahaan. Software tersebut umumnya dikelola langsung oleh tim HR atau tim personalia.

Dahulu pengelolaan informasi terkait kepegawaian masih menggunakan cara manual. Yang mana cara tersebut membutuhkan banyak biaya dan menyita banyak waktu jika sedang mencari data yang sedang dibutuhkan. Sehingga dengan adanya HRIS, HRD semakin diuntungkan dimana segala pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Fungsi HRIS bagi Perusahaan

Selanjutnya apa itu HRIS pengertian & fungsi HRIS akan dibahas mengenai fungsi-fungsi yang melekat pada HRIS. Dimana fungsi HRIS menjadi manfaat yang positif bagi personalia untuk melangsungkan proses pengelolaan data pegawai. Berikut fungsi-fungsi HRIS.

Dapat meningkatkan perlindungan terhadap data pegawai

HRIS dirancang dengan dengan sistem  keamanan yang canggih untuk melindungi data karyawan agar tetap aman. Karena sejatinya, data karyawan bersifat rahasia dan privasi bagi perusahaan.

Sistem penggajian yang otomatis

Penggunaan HRIS dapat membantu personalia untuk mengelola input payroll secara otomatis. Masing-masing karyawan pun juga bisa mengakses data penggajiannya melalui web perusahaan yang telah disediakan.

Dapat memantau kinerja para pegawai

HRIS juga memiliki fungsi untuk memantau pekerjaan para pegawai perusahaan. Biasanya jenis HRIS yang digunakan adalah HRIS strategi yang fiturnya bisa untuk memantau kualitas kerja masing-masing pegawai.

Dapat menghemat pengeluaran biaya

Penggunaan HRIS lebih efektif untuk mengurangi pengeluaran biaya operasional oleh tim HR. Hal tersebut dapat dibandingkan dengan metode manajemen yang manual, dimana lebih boros biaya dalam sistem operasionalnya.

Memudahkan perekrutan pegawai baru

Dengan adanya sistem HRIS, perusahaan bisa dengan mudah memantau bagian kerja mana yang sedang membutuhkan tenaga baru. Dalam perekrutannya pun diperlukan pertimbangan dari beberapa pihak dalam perusahaan.

Penutupan

Demikian pembahasan mengenai apa itu HRIS pengertian & fungsi HRIS. Setelah mengetahui pengertian dari HRIS, beberapa fungsi yang menyertainya kebanyakan berdampak positif. Oleh karena itu, sangat dianjurkan menggunakan Aplikasi HR & HRD agar perusahaan Anda dapat mengelola administrasi & SDM dengan lebih baik. Dengan penerapan HRIS, personalia akan bergantung padanya karena sistemnya yang lebih mudah dan cepat untuk dioperasikan.

 

Source : Majapahit Teknologi