Pentingnya Mengganti Oli Mobil Secara Berkala untuk Menjaga Kesehatan Mesin Mobil Anda

Diposting pada

Merawat mobil merupakan hal yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan supaya performa kendaraan tetap dalam kondisi yang prima. Perawatan yang penting dilakukan secara berkala salah satunya adalah mengganti oli mobil. Mengganti oli mobil selain untuk menjaga performa agar tetap prima juga dapat menjaga komponen mobil yang lainnya tetap awet dan bekerja dengan optimal. Oli mobil memiliki masa penggunaan yang tidak bergantung dari jarak tempuh kendaraan saja. Jadi meskipun mobil jarang digunakan dan hanya terparkir di bagasi saja, Anda juga perlu ganti oli secara berkala.

Bahaya jika oli mobil tidak diganti dalam jangka waktu tertentu, karena hal ini dapat merusak komponen mesin yang diakibatkan oleh oli mobil yang sudah kotor. Bagian dalam mesin yang kotor dan berkarat dapat menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas, akibatnya bisa terjadi kerusakan fatal yang menyebabkan Anda mengeluarkan biaya yang lebih lagi untuk biaya service.

Alasan Pentingnya Mengganti Oli Mobil Secara Berkala 

Mengganti oli mobil secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan. Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu mengganti oli mobil secara berkala:

Menjaga Performa Mobil

Oli mobil yang sering diganti secara berkala dapat menjaga dan memaksimalkan performa mobil Anda. Oli mobil berperan penting dalam mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda. Jika oli mesin mobil tidak kunjung diganti, maka komponen mesin mobil akan saling bergesekan dan tidak dapat bekerja secara maksimal. Maka dari itu, mengganti oli mobil secara berkala dapat menjaga performa mobil Anda tetap maksimal. Mesin mobil yang terawat dan kinerjanya yang prima karena oli mobil yang berkala diganti juga dapat menghemat bahan bakar minyak yang diperlukan untuk menghasilkan tenaga. 

BACA JUGA  Mencegah Karat Pada Mobil

Mesin Mobil Menjadi Bersih

Mengganti oli mobil secara berkala dapat membuat mesin mobil menjadi lebih bersih dan dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda. Karena oli mobil yang tidak diganti secara berkala dapat mengakibatkan mesin mobil dipenuhi oleh debu dan kotoran akibat dari gesekan mesin. Kotoran ini dapat mengganggu bahkan merusak kinerja mesin Anda. Namun, jika mesin mobil Anda bersih, Anda tak perlu khawatir akan hal tersebut.

Mobil Lebih Awet

Oli mobil memiliki fungsi sebagai pelumas komponen di dalam mesin mobil Anda. Dengan mengganti oli mobil secara berkala, maka pelumas yang melumasi mesin mobil akan tetap bersih. Hal ini dapat membuat mesin mobil Anda tetap dalam kondisi prima, sehingga otomatis usia pemakaian mobil Anda akan lebih panjang dibandingkan dengan mobil yang tidak pernah mengganti olinya secara berkala. Usia mobil dapat berbeda-beda tergantung cara pemakaian dan perawatan mobil. Untuk merawat mobil Anda supaya lebih awet dengan komponen yang masih prima, maka Anda perlu mengganti oli mobil Anda secara berkala.

Tarikan Gas Lebih Ringan

Kotoran yang ada di dalam mesin mobil yang tidak pernah mengganti oli secara berkala dapat menyebabkan gesekan antar komponen. Kotoran yang menumpuk tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin sehingga membuat tarikan gas menjadi lebih berat. Mengganti oli mobil secara berkala dapat mengurangi gesekan yang dihasilkan oleh mesin mobil Anda, sehingga tarikan gas akan lebih ringan.

Mengurangi Polusi

Oli mobil yang tidak pernah diganti dapat memicu terjadinya penumpukan hidrokarbon yang dibuang melalui knalpot mobil. Hidrokarbon merupakan gas yang dapat mencemari udara dan dapat menyebabkan polusi. Dengan mengganti oli mobil secara berkala akan mengurangi gas hidrokarbon yang dapat menyebabkan polusi.

BACA JUGA  Fitur dan Keunggulan Mobil Hiace untuk Berbagai Kebutuhan Transportasi

 

Demikian pembahasan mengenai pentingnya mengganti oli mobil secara berkala untuk menjaga kesehatan mesin mobil Anda. Melakukan perawatan mobil sangat penting dilakukan secara berkala, salah satunya adalah mengganti oli mobil. Dengan mengganti oli mobil secara berkala Anda dapat menjaga performa dan usia mobil Anda. Namun jika Anda tidak pernah mengganti oli mobil secara berkala, Anda akan mendapati mobil Anda tarikan gasnya lebih berat, menghasilkan lebih banyak polusi, dan pada jangka panjang dapat merusak mesin mobil Anda. Nah, jika Anda mengalami masalah dengan mobil Anda namun ingin berpergian jauh, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil jakarta.