Penyajian dan Penelitian Data Dalam Statistika

Diposting pada

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari posibilitas dan peluang dalam suatu data. Statistika dimulai dengan mengumpulkan data lalu mengorganisasi, menyederhanakan, atau merangkum data tersebut. Maka, pada akhir akan didapat informasi atau kesimpulan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

Statistika memiliki berbagai cabang, salah satunya yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensia. Statistika deskriptif merupakan statistika yang mempelajari bagaimana cara manusia menyajikan data sesuai dengan kebutuhan agar data dapat digunakan untuk penelitian/peninjauan. Sedangkan, statistika inferensia merupakan statistik yang menguji hipotesa, menganalisis dan mensintesis data agar dihasilkan kesimpulan.

Dilansir dari Perpusteknik, terdapat banyak kosakata yang perlu diketahui untuk mempelajari statistika, salah satu contohnya adalah populasi dan sampel. Populasi merupakan sekumpulan besar data yang menjadi lingkup keseluruhan  untuk penelitian statistika, sedangkan sampel merupakan kumpulan data yang lebih kecil dan diambil dari populasi. Sampel diambil sesuai dengan kebutuhan hipotesa agar lebih fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai. Data dapat diambil melalui berbagai teknik yaitu wawancara, angket, kuesioner, pengukuran, checklist, pencacahan, ataupun studi Pustaka.

Data memiliki beragama macam jenis dibagi berdasarkan susunannya terdapat data tunggal dan berkelompok. Berdasar skala pengukurannya dibagi menjadi 4, yaitu nominal, ordinal, interval, dan rasio. Data interval merupakan data yang memiliki kelas/jangka masing-masing intervalnya. Data ordinal berarti data yang tidak memiliki ketetapan 0, sedangkan data nominal sudah memiliki ketetapan 0. Artinya pada data nominal sudah ada ketetapan dan semuanya akan memakai ketetapan 0 tersebut, contohnya suhu, berat, dsb.

Berdasarkan sifatnya, terdapat data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang berbentuk angka dan bisa dihitung, sedangkan data kualitatif adalah data yang bukan merupakan bentuk angka. Selain itu, data juga terbagi menjadi dua sumber yaitu primer maupun sekunder

Penyajian data dalam statistika deskriptif terdiri dari dua cara yaitu secara tekstual dan tabular/tabel, maupun grafik. Tekstual berarti data disajikan dalam bentuk uraian teks. Pemilihan dalam menyajikan data secara teks atau tabel atau grafik dinilai dari tujuan menyajikan data. Apabila ingin menyajikan data singkat namun banyak keterangan bisa digunakan teks. Namun, apabila butuh menyajikan data interval dapat menggunakan tabel dan apabila ingin melihat peningkatan atau penurunan dalam sebuah data dapat menggunakan grafik. Grafik juga dinilai mampu membantu melihat persebaran data.

Statistika sangat diperlukan dalam dunia bisnis karena mampu membantu menyelesaikan masalah dan untuk pengambilan keputusan terhadap pertanyaan atau dugaan hipotesis yang diberikan. Apakah hipotesis yang diajukan benar atau tidak, apakah mempengaruhi atau tidak. Hal tersebut dapat membantu memperkirakan Langkah selanjutnya yang harus diambil demi mencapai tujuan yang diinginkan. Inilah yang menjadikan lulusan teknik maupun statistika atau aktuaria sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan karena dapat menyelesaikan masalah yang ada berdasarkan pada data