Perbedaan HDMI, DVI, dan VGA Beserta Fungsi Utamanya

Diposting pada

Terdapat bermacam-macam istilah yang termasuk dalam kategori port display, yaitu HDMI, DVI, dan VGA. Ketiga port display tersebut memiliki fungsinya adalah menghubungkan suatu perangkat dengan layar monitor, karena jika tidak ada port display makagambar tidak bisa dilakukan ke monitor dari sumbernya.

Dari ketiga istilah port display diatas, masing-masing port memiliki perbedaan dan fungsi utamanya sendiri. Untuk itu, berikut kami berikan penjelasan mengenai perbedaan dari ketiga port tersebut, yang akan menguntungkan Anda untuk memilih Graphic Card dan monitor yang support dengan port display.

Perbedaan dan Fungsi Utama

1. HDMI

HDMI atau High Definition Multimedia Interface merupakan port display yang yang saat ini banyak digunakan pada perangkat elektronik, seperti televisi, pemutar video, dan komputer pasti ada port HDMI. HDMI dapat menampilkan video hingga resolusi 1080p, sehingga sangat cocok untuk menonton film yang kualitas HD karena gambar sangat halus dan terlihat sangat nyata.

Port display HDMI memberikan kemudahan penggunaan dengan menghubungkan video, multi channel, dan audio ke dalam tabel tunggal, serta menghilangkan kompleksitas dari berbagai kabel seperti yang diguanakan A/V system.

Berbeda dengan port display yang lain, HDMI mampu mengirimkan suara dan gambar secara sekaligus. Artinya, sudah tidak perlu menggunakan 2 jenis kabel lagi supaya dapat mengirimkan gambar dan suatu ke perangkat elektronik. Selain itu, HDMI juga menerapkan perlindungan konten melalui HDCP. Dilengkapi dengan remote control untuk mengendalikan perangkat yang terhubung dengan HDMI.

Fungsi utama port HDMI adalah dapat mentransmisikan data berupa audio, video, dan gambar dari sebuah perangkat elektronik menuju display atau output.

2. DVI

DVI atau Digital Visual Interface merupakan port display yang mempunyai kecepatan tinggi dalam mengontrol suatu tampilan seperti tampilan monitor pada komputer. Terdapat tiga jenis konektor DVI, yaitu DVI-A (hanya analog, DVI-D (hanya digital, dan DVI-I (digital dan analog).

Meskipun tidak setenar port VGA dan HDMI, spesifikasi DVI yang didukung dengan koneksi analog sangat kompatibel dengan interface VGA. Hal ini memberikan beberapa keuntungan yang membuat penerimaan pada port ini meluas pada pilihan standar tampilan dan layar digital display.

Fungsi utama port DVI adalah untuk mentransmisikan sinyal video digital lossless dan menggantikan teknologi VGA analog. 

3. VGA

VGA atau Video Graphics Array merupakan port display yang tertua sampai saat ini. Walaupun mulai ditinggal jaman, port ini masih digunakan di beberapa perangkat elektronik seperti komputer dan LCD proyektor yang masih menggunakan port VGA.

VGA merupakan port yang menghubungkan antara perangkat elektronik menuju layar monitor. Diperkenalkan oleh IDM pada tahun 1987, VGA memungkinkan untuk menampilkan resolusi layar hingga 640×480 piksel. Namun kemudian, VGA dikenal secara luas dan mulai dikenal sebagai konektor 15 pin yang terpasang pada komputer desktop dan dilengkapi dengan sekrup untuk mengunci konektor dengan port VGA.

VGA saat ini telah mendukung resolusi video 1080p atau bahkan lebih tinggi, namun itu saja tidak cukup untuk mampu bersaing di dunia teknologi terbaru. Hal ini dikarenakan port VGA masih menggunakan sinyal analog untuk dapat mengirimkan video menuju display atau output, kualitas gambar yang dihasilkan VGA juga tidak terdegradasi tidak seperti sinyal digital.

Fungsi Utama dari port VGA adalah mampu mentransmisikan data berupa graphic dari sebuah perangkat elektronik seperti komuter menuju display atau output.

 

Itu dia perbedaan dari tiga display port yaitu, HDMI, DVI, dan VGA beserta fungsi utamanya. Setiap port memiliki kelebihan dan kekurangannya, meskipun dalam segi pasar HDMI sudah menguasainya. Anda bisa mendapatkan ketiga produk tersebut di toko seperti Vention Store. Semua peralatan elektronik yang disediakan memiliki kualitas yang baik dan tentunya bergaransi resmi.