Pilihan Warna Cat Jendela untuk Mempercantik Eksterior Rumah

Diposting pada

Sebelum membahas pilihan warna cat jendela yang baik, patut untuk dipahami kalau jendela ini adalah ornamen yang sangat penting pada rumah kalian. Fungsinya adalah untuk pergantian udara dan memasukkan cahaya matahari ke rumah. 

Karena itu penempatan jendela ini harus benar-benar tepat agar kebutuhan udara dan cahaya para penghuni rumah tercukupi. Perlu dipahami juga, selain memiliki fungsi teknikal sebagai pengatur intensitas cahaya dan udara, ternyata jendela ini memiliki fungsi estetika. 

 

Pentingnya Memilih Warna Jendela yang Tepat bagi Rumah Kalian

warna cat jendela

Karena memiliki fungsi estetika, berarti jendela rumah kalian ini memang harus didesain dengan pertimbangan yang baik. Tidak hanya modelnya, tapi juga warna yang diterapkan pada jendela tersebut. Pemilihan warna ini tentunya harus dikombinasikan dengan warna dinding rumah.

Jika kalian salah dalam pemilihan warna jendela ini, tentu jendela rumah kalian tidak akan terlihat cantik. Ada sedikit tips yang bisa kalian ikuti. Di antaranya adalah warna jendela harus memiliki kontras yang tinggi terhadap warna dinding. Kemudian warna jendela tersebut harus memiliki karakteristik yang kuat.

Kombinasi warna jendela dan dinding rumah yang tepat akan membuat rumah kalian terlihat lebih cantik dan elegan. Terlebih lagi kalau kalian juga mengkombinasikannya dengan ornamen eksterior lain seperti taman atau corak dinding. Tentu hasilnya akan jauh lebih maksimal.

 

Pilihan Warna Cat Jendela yang Baik untuk Rumah

Tentunya banyak sekali pilihan warna yang bagus untuk jendela rumah kalian. kalian dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Namun yang terpenting, warna jendela ini harus disesuaikan dengan warna tembok tempat jendela itu sendiri menempel.

1. Jika Dinding Rumah Berwarna Gelap

Jika dinding rumah berwarna gelap, maka warna cat yang bisa kalian pilih untuk jendela tersebut tentu adalah warna terang. Contoh warna terang yang bisa kalian pilih adalah seperti berikut ini.

Warna Jendela

Karakteristik

Warna Dinding

Gold Matte

Mewah, elegan, berwibawa, berkelas, kokoh, hangat

Hitam, coklat tua, biru tua, hijau tua

Putih

Santun, bersahaja, sederhana, luas, terang, nyaman

Segala jenis warna

Abu-Abu

Tenang, minimalis, kuat, nyaman, sederhana

Hitam, biru, ungu, coklat, abu-abu tua

Coklat Muda

Natural, tenang, relaksasi, minimalis, kuat, sederhana

Coklat, hitam, orange, biru, hijau

Itulah rekomendasi warna cat jendela yang bisa kalian pilih untuk dinding rumah yang berwarna terang.

2. Jika Dinding Rumah Berwarna Terang

Kalau misalkan dinding rumah kalian berwarna terang, tentu sebaliknya. Warna jendela yang kalian pilih harusnya berwarna gelap. Berikut ini beberapa rekomendasi warna gelap yang bisa kalian pilih untuk jendela berdinding terang.

Warna Jendela

Karakteristik

Warna Dinding

Coklat Tua

Kuat, tangguh, natural, tenang, nyaman

Putih, krem, kuning, abu-abu

Hitam

Kuat, tangguh, tenang, misterius

Putih, abu-abu, toska

Abu-Abu

Sederhana, nyaman, hangat

Abu-abu, hijau, putih

Silver

Mewah, elegan, kuat, hangat, nyaman

Putih, abu-abu, hijau muda, biru muda, pink

Hijau Tua

Natural, nyaman, hangat, tenang

Hijau muda, abu-abu, coklat muda, putih

Dengan memilih beberapa rekomendasi warna di atas, tentu saja jendela akan terlihat kontras dengan warna dinding yang kalian miliki. Di samping membuatnya terlihat kokoh, pemilihan warna yang tepat ini juga bisa membuat rumah kalian jauh lebih cantik dan sedap dipandang.

Itulah deretan warna cat jendela untuk rumah yang bisa kalian pilih sesuai kondisi dan selera. Pastikan juga untuk memilih merk cat yang bagus seperti Avian, karena sudah terbukti kualitasnya dan warna catnya bisa tahan lama.