Prospek Kerja Farmasi di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

Farmasi merupakan salah satu jurusan yang menjadi di Primadona ketika calon mahasiswa memilih jurusan impiannya. Calon mahasiswa yang memiliki ketertarikan khusus terhadap dunia obat-obatan serta memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat dalam bidang kesehatan sangat cocok mengambil jurusan farmasi.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa Farmasi adalah kemampuan untuk bisa terus meneliti, menganalisis, Kemampuan untuk menjamin mutu sebuah obat, dan kemampuan untuk berkomunikasi yang baik serta dua arah. Mata pelajaran yang berhubungan dengan Farmasi ketika duduk di bangku sekolah adalah kimia dan biologi.

Beberapa Universitas memberikan mata kuliah kimia dan biologi dasar Sehingga calon mahasiswa tidak perlu khawatir kurang menguasai hal ini. Berikut adalah prospek kerja farmasi di Indonesia yang harus Anda ketahui.

Menjadi Dosen Jurusan Farmasi

Prospek pertama adalah menjadi seorang dosen di jurusan farmasi sendiri. Tentu saja dunia pendidikan membutuhkan orang ahli ataupun pengajar yang memiliki kompetensi untuk bisa meluluskan dan mendidik mahasiswa. Mendapatkan dosen yang kompeten bukanlah hal yang mudah jika Anda salah satu lulusan farmasi dan ingin memajukan pendidikan farmasi di Indonesia Anda bisa melanjutkan sekolah S2 dan menjadi dosen.

Prospek kerja farmasi ini sangat luas dikarenakan jurusan farmasi yang memiliki fokus pada dunia pendidikan sehingga Anda akan memiliki prospek yang bagus dalam hal ini. Tentu saja Anda harus meluangkan waktu untuk bisa menyelesaikan S2 Anda terlebih dahulu.

Membuka Apotek Sendiri

Apabila Anda merupakan salah satu mahasiswa farmasi yang memiliki ketertarikan kuat dalam bidang bisnis membuka Apotek sendiri adalah cara termudah agar Anda bisa memiliki bisnis dan mendalami Farmasi sekaligus. Hal ini membutuhkan gelar profesi apoteker yang harus Anda dapatkan Setelah Anda lulus S1 farmasi. Anda bisa melanjutkan sekolah profesi dan mendapatkan gelar apoteker lalu membuka Apotek Anda sendiri.

Apotek merupakan salah satu fasilitas yang dibutuhkan setiap masyarakat dikarenakan di sanalah mendapatkan pertolongan pertama dalam hal obat-obatan. Membuka Apotek sendiri akan sangat membantu Banyak masyarakat mendapatkan obat yang tepat. Hal ini juga akan memudahkan dan menguntungkan untuk Anda dikarenakan Anda bisa melakukan dua hal favorit Anda dalam waktu bersamaan.

Peneliti

Dunia obat-obatan merupakan dunia yang terus berkembang dikarenakan semakin banyak penyakit ataupun hal-hal yang berbeda dari sebelumnya. Seorang lulusan Farmasi bisa melanjutkan kerja menjadi peneliti dalam bidang obat-obatan. Hal ini dikarenakan banyak sekali penyakit yang belum ditemukan obatnya sehingga Anda akan mendukung program ini agar berhasil.

Menjadi peneliti merupakan pekerjaan yang sangat mulia dikarenakan membantu banyaknya manusia yang ada di bumi. Selain dunia obat-obatan Anda juga bisa menjadi peneliti dalam bidang kosmetik ataupun make up serta makanan dan minuman.

Staf Ahli di Rumah Sakit

Prospek kerja farmasi yang terakhir adalah staf ahli rumah sakit. Staf ahli di rumah sakit membutuhkan Lulusan farmasi yang memiliki kompetensi tinggi dalam melaksanakan kinerja nya. Staf ahli di rumah sakit bertanggung jawab pada banyak hal yang terjadi salah satunya urusan obat-obatan yang setiap harinya akan selalu diberikan kepada pasien.

Lalu lintas obat-obatan di rumah sakit yang sangat banyak memerlukan seorang staf ahli yang bisa bertanggung jawab penuh dalam hal ini. Anda sebagai lulusan Farmasi merupakan orang yang kompeten dalam bidangnya serta dapat melakukan tanggung jawab ini secara penuh. Anda bisa menempuh kuliah Farmasi dengan mudah melalui goKampus. goKampus Akan membantu Anda mendapatkan Universitas impian serta Jurusan Farmasi yang paling cocok untuk Anda.